PM Malaysia Ismail Sabri Umumkan Susunan Kabinet Baru

Wakil presiden UMNO Ismail Sabri Yaakob dilantik sebagai PM ke-9 Malaysia.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Ho-FB Kantor Perdana Menteri Malaysia

VIVA – Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya di Kantor Perdana Menteri Perdana Putra, Putrajaya, Jumat 27 Agustus 2021. Susunan itu sudah disetujui Raja Malaysia Sultan Abdullah.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Saat mengumumkan susunan para menteri dan wakil menteri Ismail Sabri didampingi Kepala Sekretariat Negara Mohd Zuki. Ismail Sabri mengatakan susunan kabinet yang dibentuk hari ini adalah tim manajemen yang akan bekerja dengan masyarakat.

"Kabinet ini perlu bertindak cepat dan terintegrasi dalam upaya membebaskan Malaysia dari ancaman pandemi COVID-19, gejolak ekonomi serta gejolak politik," katanya.

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Ismail mengatakan publik tahu dirinya menerima pemerintahan ini di kondisi sementara dengan demikian pembentukan kabinet ini adalah formulasi asli berdasarkan situasi saat ini, untuk menjaga stabilitas dan keselamatan Keluarga Malaysia lebih banyak  dari segalanya.

"Saya mengakui bahwa kita berada dalam situasi pahit sebagai akibat dari pandemi COVID-19, krisis ekonomi dan diperparah oleh ketidakstabilan politik negara," katanya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Berdasarkan perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), manusia akan hidup dengan COVID-19 sebagai endemik, yaitu permanen dan parsial dari kehidupan manusia.

"Dunia mencatat munculnya variant of concern (VOC) lebih agresif dan catatan di seluruh dunia menunjukkan mereka yang telah divaksin masih dapat terinfeksi COVID-19," katanya.

Oleh karena itu, ujar dia, pemerintah akan memperkuat Agenda Nasional Malaysia Sehat (ANMS) dalam mendidik Keluarga Malaysia untuk hidup dengan virus ini.

"Kita harus tetap memegang kendali semua risiko COVID-19 dan mengadopsi norma baru dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Ismail mengatakan kabinet ini dipilih dari kombinasi kalangan berpengalaman, diyakini bisa membantu negara menghidupkan kembali perekonomian dengan mendukung wirausahawan, memfasilitasi bisnis, dan merevitalisasi kegiatan perekonomian serta meningkatkan kepercayaan investor.

Untuk menjawab tantangan saat ini, ujar dia, kabinet ini perlu berorientasi pada hasil berdasarkan tiga prinsip yaitu peka terhadap kebutuhan saat ini, bertanggung jawab dan dapat dipercaya dan mengembalikan kepercayaan rakyat.

"Memang, jajaran Kabinet ini juga mengambil pendekatan baru yang lebih terbuka, dengan merayu aspirasi Keluarga Malaysia melalui pengiriman layanan dan informasi yang lebih efisien," katanya.

Selain itu, penyebaran COVID-19 secara global dan dalam negara juga memiliki dampak langsung terhadap pertumbuhan dan permintaan ekonomi lokal.

"Saya juga mengakui situasi perekonomian negara perlu segera dipulihkan," kata Ismail. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya