Mengenal Sindrom Havana, Penyakit yang Menyerang Petugas CIA di India

Central Intelligence Agency
Sumber :
  • Website/cia.gov

VIVA – Untuk pertama kalinya, sindrom Havana ditemukan di India setelah seorang petugas Badan Intelijen AS atau CIA mengalami penyakit misterius Sindrom Havana di India, selama kunjungannya ke New Delhi awal bulan ini.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Perwira AS itu adalah bagian dari delegasi Direktur CIA William Burns dan harus menerima bantuan medis selama tinggal di India, menurut laporan CNN dan NYT.

Melansir dari indiatoday.in, perkembangan itu terjadi beberapa minggu setelah kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris ke Vietnam tertunda, ketika beberapa personel AS melaporkan gejala sindrom Havana tepat sebelum perjalanannya bulan lalu. Pada bulan Juli, diplomat AS di Wina, Austria, juga melaporkan kemungkinan kasus sindrom tersebut.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Sindrom Havana Pertama Kali Ditemukan

Pertama kali dilaporkan di Kuba pada akhir 2016, penyakit saraf misterius telah menimpa mata-mata dan diplomat Amerika di Rusia, Cina, Austria, dan beberapa negara lain.

Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi

Pada akhir 2016, diplomat AS dan karyawan lain yang ditempatkan di ibukota Kuba, Havana, melaporkan merasa sakit setelah mendengar suara aneh dan mengalami sensasi fisik aneh di kamar hotel mereka.

Gejalanya termasuk mual, sakit kepala parah, kelelahan, pusing, masalah tidur, dan gangguan pendengaran. Hal ini kemudian dikenal sebagai "Sindrom Havana".

Sejak 2016, sekitar 200 pejabat AS dan anggota keluarganya dilaporkan mengalami gejala yang mirip dengan penyakit ini. Beberapa bahkan dibiarkan pusing dan kelelahan selama berbulan-bulan. Sebuah studi akademis AS 2019 menemukan "kelainan otak" pada diplomat yang jatuh sakit.

Apa penyebab Sindrom Havana?

Lima tahun sejak pertama kali dilaporkan, dokter dan ilmuwan belum memastikan apa penyebab sindrom Havana. Berbagai teori telah berkembang sejak saat itu dari penyakit psikologis hingga semacam senjata sonik.
Namun, radiasi gelombang mikro telah muncul sebagai penyebab yang "masuk akal", menurut sebuah laporan oleh National Academies of Sciences (NAS).

Hanya kondisi yang berhubungan dengan stres?

Bagian lain sama sekali menolak sindrom tersebut, dengan mengatakan bahwa lingkungan misi asing yang penuh tekanan berada di belakang diplomat AS yang mengalami gejala seperti itu.

Robert W Baloh, seorang profesor neurologi di UCLA, menyebutnya sebagai kondisi psikogenik massal (terkait stres), BBC melaporkan. Baloh mengatakan situasinya mirip dengan orang yang merasa sakit ketika mereka diberitahu bahwa mereka telah makan makanan yang tercemar meskipun tidak ada yang salah dengan itu.

"Ketika Anda melihat penyakit psikogenik massal, biasanya ada beberapa situasi yang mendasari stres. Dalam kasus Kuba, pegawai kedutaan - terutama agen CIA yang pertama kali terkena - pasti berada dalam situasi stres," kata Baloh dikutip BBC.

Baloh mengatakan pejabat kedutaan AS menjadi "sangat sadar" dan "takut" ketika laporan menyebar dan menganggap gejala sehari-hari seperti kabut otak dan pusing sebagai sindrom Havana.

Apa yang ditemukan oleh penelitian di AS tentang sindrom Havana?

Sebuah studi oleh National Academies of Sciences, yang ditugaskan oleh Departemen Luar Negeri AS dan dirilis pada Desember 2020, meneliti gejala sekitar 40 pegawai pemerintah. Panel yang terdiri dari 19 ahli memeriksa empat kemungkinan untuk menjelaskan gejala sindrom Havana - infeksi, bahan kimia, faktor psikologis, dan energi gelombang mikro.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa "energi frekuensi radio berdenyut yang diarahkan tampaknya menjadi mekanisme yang paling masuk akal dalam menjelaskan kasus-kasus ini".

Tanpa menyalahkan negara mana pun, studi tersebut mencatat bahwa "penelitian signifikan" telah dilakukan pada senjata gelombang mikro di Rusia/Uni Soviet. Moskow telah membantah peran apa pun dalam "serangan".

"Senjata gelombang mikro" merupakan jenis senjata energi langsung, yang mengarahkan energi yang sangat terfokus dalam bentuk sonik, laser, atau gelombang mikro, pada target.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya