Terbaru! Ini Gedung Pencakar Langit Dunia, Ada yang Mencapai 828 Meter

Gedung Pencakar Langit di Dunia
Sumber :
  • Instagram Burj Khalifa

VIVA – Gedung pencakar langit di dunia sering menjadi salah satu hal yang membuat penasaran. Gedung pencakar langit juga menjadi salah satu simbol dari kesombongan seorang manusia. Karena semakin tinggi sebuah gedung, maka namanya pun akan semakin dikenal oleh semua orang di dunia.

Ditemani CEO One Pride, Yudi Cahyadi Terbang ke Shanghai Ikuti UFC Performance Institute

Selain itu, gedung ini juga menjadi tempat wisata dan juga ikon dari sebuah negara. Gedung pencakar langit di dunia berada di beberapa ibu kota negara mulai dari Dubai, Shangkai, New York, dan lain sebagainya. Nah, berikut ulasan mengenai gedung pencakar langit di dunia yang disadur dari beautifullife.info.

Lalu, Apa Saja Gedung Pencakar Langit di Dunia?

The Reasons Why Most People in China Choose Public Transportation

Burj Khalifa – Dubai

Burj Khalifa, Dubai.

Photo :
  • U-Report
Puncak Gedung Tinggi Membeku Gegara Cuaca Ektrem, Netizen: Perubahan Iklim

Gedung pencakar langit di dunia pertama diduduki oleh Burj Khalifa yang berada di Dubai, UEA. Burj Khalifa mempunyai ketinggian yang mencapai 828 meter dengan jumlah lantai yang mencapai 163. Karena mempunyai ketinggian tersebut, gedung ini sangat rentan untuk tersambar petir.

Burj Khalifa sendiri digunakan sebagai tempat perkantoran, hotel, sampai residensial. Karena digunakan sebagai gedung yang difungsikan sebagai kegiatan dan juga aktivitas niaga, gedung ini dapat menampung sekitar 35 ribu orang.

Pembangunan Burj Khalifa memakan waktu sekitar 5 tahun yang dimulai dari 6 Januari 2004 sampai 1 Oktober 2009, dan kemudian diresmikan tahun 2010. Gedung dengan gaya neo-futurism ini memiliki 24.000 jendela dan 26.000 panel kaca di bagian taman.

Shanghai Tower – China

Shanghai Tower

Photo :
  • 10thetop

Gedung Shanghai Tower ini bertengger dalam posisi kedua untuk gedung pencakar langit di dunia. Gedung ini memiliki ketinggian 632 meter dan berada di Pudong, Shanghai, China. Gedung ini juga digunakan sebagai area untuk bisnis perkantoran, 320 kamar hotel Four Season, hunian masyarakat, dan destinasi wisata.

Gedung ini mempunyai desain dengan bentuk spiral yang menggambarkan budaya Tiongkok modern nan dinamis. Lebih kerennya lagi, Shanghai Tower diklaim memiliki kemampuan anti gempa. Pada saat terjadi gempa, bangunan ini hanya akan bergoyang mengikuti getaran dan tidak sampai jatuh.

Menara Abraj Al Bait – Mekkah

Menara Jam Abraj Al-Bait Tower

Photo :
  • U-Report

Berikutnya adalah Makkah Royal Clock Tower yang berada di kota Mekkah. Gedung ini memiliki ketinggian yang mencapai 601 meter dan dioperasikan sebagai tempat untuk menampung jemaah haji dari berbagai belahan dunia.

Makkah Royal Clock Tower atau yang lebih dikenal sebagai Menara Abraj Al Bait ini memiliki desain yang arsitekturnya terdapat jam raksasa yang menghadap langsung ke ka’bah. Menara ini juga dilengkapi dengan hiasan yang berbentuk bulan sabit di puncak tower dengan berat 25 kilogram.

Ping An Finance Centre – China

Gedung selanjutnya yang berada di Shanghai dan berdiri sejajar dengan Menara Shanghai adalah Ping An Finance Centre. Gedung ini mempunyai 155 lantai dengan tinggi 598.93 meter sehingga menempati posisi keempat dalam daftar ini.

Pada mulanya, pembangunan gedung ini memutuskan untuk menambahkan ukuran anterna yang mencapai 200 kaki di atas center untuk melebihi tinggi dari Menara Shanghai. Tapi, karena takut terjadi hambatan dalam jalur penerbangan, hal itu tidak jadi dilakukan.

Lotte World Tower – Seoul

Lotte World Tower, Korea Selatan

Photo :
  • Korea Tourism Organization (KTO)

Lotte World Tower merupakan gedung kebanggaan Korea Selatan, salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Tiga belas tahun dihabiskan untuk membangun gedung yang sangat tinggi ini dan mencapai 555 meter.

Diresmikan pada tahun 2017, bangunan ini memiliki 123 lantai di dalamnya, dan menawarkan beberapa dek observatorium. Fakta menakjubkan tentang Menara Lotte World adalah desainnya yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat melawan efek gempa berkekuatan 9 skala richter.

One World Trade Center – New York

One World Trade Center

Photo :
  • onewtc.com

Selain sebagai gedung tertinggi di New York, One World Trade Center juga merupakan gedung tertinggi di AS. Puncak menaranya yang panjang mencapai ketinggian 541 meter. Bila kamu mengingat serangan teroris di World Trade Center pada 11 September 2011, One World Trade Center dibangun di area yang sama persis.

Salah satu bangunan tertinggi di Amerika Serikat ini, dinamai menara utara bangunan yang lebih tua. Sebab, memiliki dampak positif pada dunia karena penggunaan air hujan dan energi terbarukan. Pekerjaan konstruksi gedung pencakar langit ini selesai pada tahun 2014.

Guangzhou Chow Tai Fook Finance Centre –Guangxhou

Guangzhou CTF Finance Center

Photo :
  • hitachi.com

Tower ini mempunyai ketinggian 530 meter dan terletak di Guangzhou, Cina. Bangunan ini terdiri dari 111 lantai, 5 di antaranya berada di bawah tanah. Upacara peresmiannya diadakan pada tahun 2016. CTF Tower adalah ruang serbaguna dan memiliki lebih dari 95 elevator yang berfungsi di dalamnya.

Anehnya, elevator ini dapat bergerak dengan kecepatan 44 mil per jam. Chow Tai Fook Enterprises adalah perusahaan yang memiliki proyek ini dan dengan demikian, dinamai nama mereka. Terletak di daerah pinggiran kota Guangzhou. Ada banyak hotel, rumah tinggal, hotel, dan mahkota di menara ini.

Tianjin Chow Tai Fook Finance Centre – Tianjin

Juga dikenal sebagai menara CTF Tianjin, Menara Tianjin Chow Tai Fook adalah gedung tertinggi keempat di Tiongkok. Tingginya hampir sama dengan Menara Guangzhou CTF tetapi peringkatnya lebih rendah karena dibangun setelah Menara Guangzhou.

Ini adalah gedung kedua yang dinamai perusahaan CTF. Konstruksinya selesai pada akhir 2018. Dalam gedung pencakar langit di dunia ini terdapat apartemen mewah dan kantor perusahaan bersama dengan perumahan.

China Zun – China

Juga terkenal dengan nama resmi CITIC Tower, China Zun adalah sebuah bangunan setinggi 524 meter. Ada 108 lantai di menara ini. Juga, bentuknya terinspirasi oleh kapal itu sendiri. China Zun dibangun dalam dua divisi, pertama pada tahun 2017 dan kemudian pada tahun 2018.

Gedung ini juga dilengkapi dengan kolam renang yang berada di puncak gedung serbaguna ini. Tidak ada gedung di Beijing yang akan melampaui ketinggiannya dalam waktu dekat. Dan gedung ini diresmikan pada Maret 2019.

Taipei 101 – 509, 2 METER

Taipei 101, Taiwan.

Photo :
  • U-Report

Sebelumnya dikenal sebagai gedung tertinggi di dunia, Taipei 101 saat ini berada di peringkat 10 dalam daftar ini. Sebelumnya, gedung ini memiliki lift tercepat di dunia. Pagoda Tiongkok kuno adalah inspirasi untuk strukturnya.

Taipei Financial Center Corporation memiliki hak atas bangunan ini. Taipei 101 adalah kombinasi sempurna antara tradisi Asia dan teknologi modern. Gedung ini adalah rumah bagi bisnis besar dan menyediakan fasilitas rekreasi juga. Dengan 101 lantai di atas tanah, Taipei 101 memiliki 5 lantai bawah tanah juga.

Shanghai World Financial Centre – China

Shanghai World Financial Center

Photo :
  • Wikimedia

Berasal dari Tiongkok, Shanghai World Financial Centre setinggi 492 meter. Gedung memiliki total 101 lantai. Sebuah perusahaan Jepang bernama Mori Building Company diberikan tender konstruksi. Dengan 33 eskalator dan 91 elevator, Shanghai World Financial Centre memiliki luas permukaan total 381.600 meter persegi.

Gedung ini mengakomodasi kantor keuangan, kamar hotel, dan pusat perbelanjaan. Alasan di balik popularitasnya adalah strukturnya yang fleksibel. Shanghai World Financial Centre pernah menjadi gedung pencakar langit di dunia sebelum Burj Khalifa mengambil alihnya.

International Commerce Centre – Hong Kong

Internationa Commerce Centre terletak di kota Hong Kong yang indah. Gedung pencakar langit ini selesai dibangun pada tahun 2010 oleh Sanfield Building Contractors Limited. Terletak di pulau Hong Kong tidak seperti gedung pencakar langit lainnya di kota ini. Dengan ketinggian 484 meter, ini adalah bangunan tertinggi di Hong Kong.

Selain itu, kolam renang tertinggi di dunia terletak di lantai 108 gedung ini. Memiliki beberapa pusat perbelanjaan, hotel mewah, dan kantor bisnis, International Commerce Center adalah pusat bisnis, hiburan, dan gaya hidup yang terkenal di dunia. Sebuah stasiun kereta peluru sedang dibangun di bawah gedung ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya