Persiapan Imlek di Tangerang, Mulai Ritual Cuci Rupang Hingga Festival Old Shanghai

Ritual cuci Rupang jadi momen persiapan Imlek di Tangerang
Sumber :

VIVA Lifestyle – Beragam kegiatan dilakukan dalam mempersiapkan Tahun Baru Cina atau Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024 mendatang. Seperti di Tangerang, beberapa persiapan yang menjadi kekhasan perayaan imlek pun telah dilakukan sejumlah Vihara.

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

Salah satunya pada Vihara Kwan In Thang yang berada di Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Di sana, pengurus vihara menggelar ritual rutin membersihkan Rupang Buddha dan Altar Suci. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Ditemani CEO One Pride, Yudi Cahyadi Terbang ke Shanghai Ikuti UFC Performance Institute

Salah satu pengurus Vihara Kwan In Thang, Rudi Oskar (40) mengatakan, cuci rupang dan altar merupakan ritual rutin dalam menyambut tahun baru Imlek 2575 yang jatuh pada 10 Februari 2024 mendatang.

The Reasons Why Most People in China Choose Public Transportation

"Sepekan sebelum perayaan tahun baru Imlek, pengurus disini memang rutin melakukan ritual cuci rupang dan altar untuk menyucikan dari debu dan kotoran," ungkap Rudi, Minggu 4 Februari 2024.

Ritual cuci rupang dan altar ini menjadi kegiatan rutin yang mana, bertujuan agar nantinya jemaat yang datang dapat melakukan peribadatan yang nyaman dan khusyuk.

Serta, memiliki makna membersihkan diri kita dan para jemaat dalam menyambut tahun baru Imlek.

"Ada maknanya, jadi dengan pencucian ini kita membersihkan diri dalam menyambut tahun baru imlek," ujarnya.

Sementara itu, beragam kegiatan menarik juga digelar jelang tahun baru Imlek dengan shio tahun Naga Kayu. Di Tangerang City Mall, pengelola pusat perbelanjaan menghadirkan festival Old Shanghai.

Ritual cuci Rupang jadi momen persiapan Imlek di Tangerang

Photo :

"Kami berupaya untuk menghadirkan acara-acara yang dapat menjadi destinasi hiburan yang menarik dan berkesan untuk keluarga dan anak-anak terutama pada hari-hari libur dan akhir pekan," kata Building Manager Tangcity Mall, Rawanto.

Dengan kegiatan  Hoki Panda Time Travel to “Old Shanghai” yang dihadirkan hingga 25 Februari 2024 ini, para pengunjung akan menikmati Hoki Panda Broadway Show.

Yang nantinya, karakter Panda yang lucu akan menari dan menyapa anak-anak di setiap akhir pekan.

"Beragam performance khusus juga akan hadir memeriahkan akhir pekan seperti Old Shanghai Medley Dance lalu, atraksi Barongsai Tonggak, atraksi Barongsai Meja hingga pertunjukkan Chinese Acrobatic. Sehingga libur panjang pada tahun baru imlek ini bisa dihabiskan oleh keluarga di dalam kota, dengan balutan pecinaan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya