Penyergapan Narkoba Terbesar di Asia Sedang Terjadi di Laos, Dahsyat

Penyergapan narkoba terbesar di Asia dilakukan di Laos
Sumber :
  • Source BBC

VIVA – Penyergapan narkoba terbesar di Asia telah tercatat dilakukan di Laos. Angka penggerebekan narkotika baru-baru ini dan menurut PBB adalah yang paling besar di Asia.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

Petugas diketahui sejak awal sudah mengintai sebuah truk yang berisi 55 juta butir tablet methamphetamine dan 1,5 ton kristal meth sebagaimana disebutkan oleh badan PBB yang mengurusi masalah kejahatan. Penyergapan terbesar itu terjadi saat polisi akhirnya menyetop dan memeriksa truk yang membawa bir itu di Bokeo, wilayah yang berbatasan dengan Thailand dan Myanmar.

Area itu memang masuk dalam zona Segitiga Emas (Golden Triangle) yang memiliki sejarah panjang sebagai wilayah utama produksi narkotika dikutip dari BBC, 29 Oktober 2021.

Istri Fredy Pratama Bakal Dimiskinkan Kepolisian Thailand

Badan PBB yang mengurusi pemberantasan kejahatan dan narkoba (UNODC) melalui pejabatnya Jeremy Douglas mengatakan bahwa sejauh ini angka penyergapan obat terlarang itu yang paling besar dalam sejarah di Asia. Operasi tersebut merupakan bagian dari penyergapan lainnya yakni 16 juta butir amphetamine dalam periode hanya satu pekan.

Sementara di Inggris, narkoba jenis amphetamine adalah narkoba kelas B sementara methamphetamine masuk dalam kategori A.

Keuangan Fredy Pratama Menipis, Istrinya Kena Kasus Pencucian Uang di Thailand

Dilaporkan bahwa memang ada peningkatan signifikan pasokan dan pergerakan bisnis narkoba di Segitiga Emas dalam beberapa bulan terakhir termasuk di negara bagian Shan di Myanmar yang berbatasan dengan China, Laos dan Thailand.

"Negara-negara tetangganya dan wilayah yang lebih luas dari ini pastinya akan dibanjiri dengan methamphetamine dan muncul dugaan walau hanya sedikit bahwa ini juga bisa ada keterlibatan dengan orang-orang di pemerintahan lokal di Shan," kata Douglas.
 

Gamer Fat Cat yang tewas bunuh diri karena kisah cinta tragis

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Baru-baru ini, cerita tentang Fat Cat, seorang gamer asal China berusia 21 tahun yang telah mengguncang media sosial karena tewas bunuh diri akibat kisah cinta tragis.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024