Menteri Israel yang Disabilitas Tak Bisa Masuk Venue, COP26 Diprotes

Menteri Israel Karine Elharrar
Sumber :
  • Instagram @karinel09

VIVA – Menteri Israel Karine Elharrar Hartstein menyesalkan dirinya tak  bisa memasuki ajang COP26 yakni KTT Perubahan Iklim yang sedang berlangsung di Glasgow, Skotlandia. Hal itu terjadi karena ternyata tak ada aksesibilitas yang dipersiapkan bagi penyandang disabilitas seperti dirinya yang harus menggunakan kursi roda.

Prabowo Belum Pernah Bicara Kabinet, Kata Petinggi Gerindra

Menteri Infrastruktur Nasional Karine Elharrar kemudian menuliskan dalam akun Twitter bahwa PBB bisa-bisanya tidak memberi ruang bagi penyandang disabilitas dalam forumnya, dilansir laman BBC.

Kantor resmi PM Israel Naftali Bennet mengatakan bahwa mereka melalui delegasinya sudah resmi menyampaikan protes kepada panitia COP26. Bennet juga mengatakan dia tidak akan menghadiri acara itu apabila menterinya belum juga bisa masuk karena terbatasnya akses.

Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

Sementara itu Dubes Inggris untuk Israel menyatakan permintaan maaf karena Menteri Elharrar tidak bisa mengakses acara COP 2021 pada pembukaannya. Dubes Neil Wigan juga menyampaikannya lewat akun Twitter.

"Kami ingin agar semua bisa disambut dengan inklusif di acara ini," dicuitkan Wigan.

Eko Patrio soal Dijagokan Jadi Menteri Prabowo: Cuma Bercandaan

Elharrar perempuan muda itu sebelumnya juga menyampaikan kepada Channel 12 bahwa dia tidak bisa masuk ke tempat acara karena pilihannya hanya harus berjalan kaki atau menumpang shuttle bus yang tak bisa dimasuki kursi roda. Sementara kantornya menyampaikan kepada Times of Israel bahwa si menteri harus menunggu selama 2 jam di luar venue dan akhirnya dia kembali ke hotelnya karena belum juga ada kejelasan.

Untuk kembali ke hotel dia harus menempuh jarak hingga 50 miles atau sekitar 80 km karena berada di Edinburgh.

Menko Perekonomian sekaligus Ketum DPP Golkar Airlangga Hartarto.

Isu Prabowo Siapkan Kabinet Gemuk 40 Menteri, Airlangga: Belum Pernah Dibahas

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan belum ada pembahasan terkait wacana penambahan jadi 40 kementerian tersebut era Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024