Logo BBC

Dukungan Para Pesohor Dunia ke Organisasi Palestina yang Dicap Teroris

Warga Palestina protes keputusan Israel soal organisasi cap teroris. AFP Via BBC Indonesia
Warga Palestina protes keputusan Israel soal organisasi cap teroris. AFP Via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Lebih dari 100 figur kondang dunia, termasuk aktor dan pengarang papan atas, telah menyatakan dukungan kepada enam kelompok masyarakat madani Palestina yang telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Israel.

Daftar pesohor itu di antaranya adalah aktor Marvel, Mark Ruffalo, penyanyi Peter Gabriel, penulis Inggris Philip Pullman, dan mantan pemain bola Prancis yang juga menjadi aktor, Eric Cantona.

Dalam cuitnya, Mark Ruffalo mengatakan ia bangga menjadi bagian dari gerakan untuk mendorong dunia agar membela organisasi-organisasi hak asasi manusia Palestina melawan penindasan Israel.

https://twitter.com/MarkRuffalo/status/1461112019524980739

Enam kelompok yang dibela ini adalah al-Haq, Addameer, Pertahanan bagi Anak Internasional-Palestinia, Pusat Penelitian dan Pembangunan Bisan, Persatuan Komite Pertanian, Persatuan Komite Perempuan Palestina.

Menurut para penandatangan dukungan, keenamnya "terlibat dalam tugas hak asasi manusia yang penting".

"Serangan yang tak pernah terjadi sebelumnya dan serangan umum terhadap para pembela hak asasi manusia Palestina dimulai dengan penetapan […] enam organisasi hak asasi manusia sebagai "kelompok teroris". Demikian bunyi pernyataan bersama mereka.