Wartawan Rombongan Menlu AS Positif COVID-19 Diisolasi di Malaysia

Menlu AS Antony Blinken saat menghadiri temu alumni YSEALI di Malaysia
Sumber :
  • Twitter @SecBlinken

VIVA – Seorang anggota pers atau wartawan yang ikut dalam rombongan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam lawatan ke Asia Tenggara, terkonfimasi positif COVID-19. Anggota pers tersebut sebelumnya ikut menemani Blinken dalam lawatan ke Indonesia. Ia dinyatakan positif COVID-19 pada hari Rabu di Malaysia, setelah dua hari kunjungan di Indonesia. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kedutaan Besar AS di Kuala Lumpur dalam sebuah pernyataan mengatakan telah memberi tahu pemerintah Malaysia tentang temuan kasus COVID-19 dalam rombongan Menlu Blinken dan berterima kasih kepada pihak berwenang Malaysia atas dukungan mereka.

"Satu-satunya anggota rombongan perjalanan yang dinyatakan positif mematuhi semua persyaratan Kementerian Kesehatan. Kami dapat mengonfirmasi bahwa orang tersebut tidak terlibat dan tidak berpartisipasi dalam program Sekretaris Blinken di Kuala Lumpur," kata pihak Kedubes AS di Kuala Lumpur dilansir ABCNews, Kamis, 16 Desember 2021.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Imbas salah seorang rombongan positif COVID-19, Blinken mempercepat agenda lawatannya di Asia Tenggara dengan membatalkan lawatan berikutnya ke Bangkok, Thailand. Sedianya, Blinken bertolak ke Bangkok Rabu malam, dan menjalani rangkaian pertemuan dengan Menlu Thailand pada Kamis hari ini. Keputusan itu dibuat untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 serta mengutamanan kesehatan dan keselamatan.

"Sekretaris menyatakan penyesalannya yang mendalam kepada Menlu Thailand bahwa dia tidak dapat mengunjungi Bangkok minggu ini. Dia menjelaskan bahwa untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 dan untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan rombongan perjalanan AS dan mereka yang akan melakukan kontak dengan sekretaris akan kembali ke Washington, DC," kata Juru Bicara Deplu AS, Ned Price dilansir ABCNews.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Pesawat yang membawa rombongan Menlu AS dilaporkan sempat singgah di bandara Bangkok untuk singgah mengisi bahan bakar. Di bandara di Bangkok, setidaknya dua anggota awak darat Thailand terlihat mengenakan alat pelindung penuh saat mereka melayani pesawat Blinken.

Perubahan mendadak dalam rencana sebagian disebabkan oleh kekhawatiran bahwa orang lain dalam delegasi itu mungkin juga dinyatakan positif, dan mengharuskan mereka untuk dikarantina di Thailand selama liburan Natal.

Sementara wartawan rombongan Menlu AS yang dites positif akan tinggal di Kuala Lumpur untuk isolasi 10 hari wajib. Sedangkan untuk rombongan yang dites negatif tetap melanjutkan perjalanan akan tetapi wajib menjalani isolasi setibanya di Washington DCmengikuti pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Seperti diketahui, Menlu AS Antony Blinken tiba di Kuala Lumpur Selasa malam dari Jakarta, Indonesia. Dia memulai perjalanannya saat ini di kota Liverpool, Inggris, di mana dia berpartisipasi dalam pertemuan menteri luar negeri Kelompok Tujuh selama akhir pekan.

Departemen Luar Negeri telah menguji tes COVID-19 orang-orang dalam rombongan di pesawat Blinken setiap hari, dan wartawan itu dites negatif di Liverpool dan Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya