10 Peristiwa Kecelakaan Pesawat yang Masih Misterius

Amelia Earhart.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kecelakaan pesawat masih menjadi isu keamanan yang membayangi industri penerbangan dunia. Kemudian, Otoritas Penerbangan Irlandia memperkenalkan sistem satelit radar baru pada 2019.

Viral Video Pengalaman Tinggal Dekat Lanud, Netizen: Serasa Lagi Perang

Sistem satelit radar baru dikatakan dapat memberikan lokasi yang tepat dari pesawat di mana saja di dunia jika terjadi kecelakaan atau insiden lain untuk mendukung proses penyelamatan. Inovasi ini dapat mengakhiri hilangnya pesawat dari radar yang dapat menghambat upaya penyelamatan dan pemulihan.

Lantas, Apa Saja Kecelakaan Pesawat yang Masih Misterius?

Pesawat Boeing 737 Terbakar di Senegal, 10 Orang Luka-luka

1. Lady Be Good 

Pilot dan pesawat yang hilang.

Photo :
  • U-Report
125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

Pada tanggal 4 April 1943, Korps Udara Angkatan Darat AS bernama Lady Be Good bergabung dengan armada serangan bom Italia. Ini adalah satu-satunya pesawat misi yang belum kembali ke pangkalan Libya.

Para pejabat menduga bahwa pesawat itu jatuh di Mediterania. Pencarian ekstensif dilakukan, tetapi tidak ada tanda-tanda pesawat atau awak yang ditemukan. Pada tahun 1958, sebuah tim eksplorasi minyak mengambil foto udara di gurun Libya dan menemukan sebuah pesawat.

Pesawat yang jatuh itu terpelihara dengan baik di bawah kondisi kekeringan. Pada tahun 1960, mayat delapan anggota awak ditemukan di berbagai tempat di padang pasir. Di antara barang-barang yang ditemukan dengan tubuh adalah buku harian kopilot Robert Toner. Isinya menjelaskan mengenai sembilan orang yang berhasil keluar dari pesawat sebelum akhirnya jatuh dan 8 orang tersebut selamat.

2. Air France 447

Pesawat Air France Boeing 707-300

Photo :
  • Ralf Manteufel / Wikimedia Commons

Sepuluh tahun yang lalu, Air France 447 melakukan penerbangan dari Rio de Janeiro menuju Paris terjatuh di Samudra Atlantik, dengan total 216 penumpang dan 12 awak. Penyebab kecelakaan tersebut masih menjadi misteri sampai operasi pencarian yang menelan biaya 31 juta euro dilakukan dua tahun kemudian.

Pencarian berhasil menemukan data penerbangan kotak hitam dan tape recorder dari dasar laut. Isinya menunjukkan bahwa perekam kecepatan pesawat membeku selama badai.

3. Pesawat Amelia Earhart

Amelia Earhart

Photo :
  • U-Report

Pada tanggal 2 Juli 1937, Amelia Earhart dan navigator Fred Noonan lepas landas dengan Lockheed Electra 10E dari Lae, New Guinea. Ini adalah penerbangan terakhir mereka untuk keliling dunia. Namun, Lockhead Electra hilang di wilayah perairan Pasifik dan pionir penerbangan tersebut tak pernah muncul lagi.

4. Tabrakan Star Dust pada 1947

Ilustrasi kecelakaan pesawat atau pesawat jatuh.

Photo :
  • Pixabay

Penerbangan Star Dust British South American Airlines dari Buenos Aires ke San Diego menghilang pada 2 Agustus 1947. Lebih dari 50 tahun kemudian, pada akhir 1990-an, puing-puing mulai muncul di Andes. Pada tahun 2000, banyak bagian tubuh penumpang yang terbang ditemukan dan terawetkan dengan baik oleh gletser.

5. Flying Tiger 739

Ilustrasi pesawat jatuh.

Photo :
  • Twitter

Pada hari-hari awal Perang Vietnam pada tahun 1962, Flying Tiger Penerbangan 739 Angkatan Darat AS menghilang di atas Palung Mariana di Pasifik dalam perjalanan dari Guam ke Filipina. Tidak ada panggilan darurat yang diterima. Sebuah tim pencari lengkap yang terdiri dari 1.300 orang, 48 pesawat dan 8 kapal permukaan mencari sekitar 144.000 mil persegi. Tapi mereka tidak menemukan apa-apa.

6. Malaysia Airlines MH370

Lokasi jatuh Malaysia Airlines MH370 menurut media Vietnam

Photo :
  • Tuoitre.vn

Hilangnya Malaysia Airlines MH370 yang ditumpangi oleh 239 orang adalah sebuah misteri penerbangan terbesar yang ada di dunia. Pada 8 Maret 2014, pesawat menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur hendak ke Beijing. Tim penyelamat menghabiskan beberapa bulan untuk mencari di dasar laut dan Samudra Hindia selatan, tapi akhirnya menghentikan upaya mereka.

7. Vancouver Douglas DC-4

Ilustrasi pesawat.

Photo :
  • U-Report

Douglas DC-4 meninggalkan Vancouver pada tahun 1951 dan akan berhenti di Bandara Anchorage Alaska. Cuaca memburuk dan jarak pandang hanya 500 kaki. Peringatan darurat dikeluarkan saat telah terlambat untuk melaporkan. Tidak ada tanda-tanda pesawat dan penumpang ditemukan.

8. Penerbangan Angkatan Udara Uruguay 571

Ilustrasi: Sebuah pesawat berusaha melewati awan tebal.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Pada 13 Oktober 1972, sebuah pesawat Angkatan Udara Uruguay yang membawa 40 penumpang (termasuk anggota Tim Rugby Uruguay dan 5 awak) menghilang saat melintasi Andes. 72 hari kemudian, setelah diperkirakan semua orang di kapal itu tewas, 16 orang lagi yang selamat muncul. Film 1993 "Alive" bercerita tentang mereka yang dipaksa memakan penumpang yang mati dan selamat dari kelaparan.

9. Kecelakaan pesawat Angkatan Udara India

Ilustrasi Pesawat Trigana Air tergelincir.

Photo :
  • VIVAnews/Aman Hasibuan

Pada Juli 2016, sebuah pesawat angkut turboprop bermesin ganda Antonov An-32 Angkatan Udara India hilang saat terbang di atas Teluk Benggala dalam perjalanan dari Pangkalan Angkatan Udara Tambaram ke Port Blair, membawa 29 orang di dalamnya.

Operasi pencarian dan penyelamatan ini adalah yang terbesar dalam sejarah India untuk mencari dan menyelamatkan pesawat yang hilang di laut. Misi menyelamatan turut dibantu oleh kapal selam, kapal permukaan, serta pesawat. Akan tetapi, bulan Septermber sudah tidak ditemukan jejak apa pun sampai pencarian pun dihentikan.

10. Pesawat Pengebom Porpedo 19

Ilustrasi pesawat.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pada puncak Perang Dunia II, Angkatan Laut AS mengirim lima pembom torpedo untuk penerbangan pelatihan rutin di atas Segitiga Bermuda. Semua 14 anggota awak di lima pesawat militer tidak pernah muncul atau mendengar apa pun.

Beberapa jam kemudian, Angkatan Laut mengirim 13 orang lagi untuk melakukan misi pencarian dan penyelamatan di kapal udara Korps Marinir. Mereka tidak pernah tampak dan terdengar lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya