Gabriel Boric Presiden Terpilih Chile, Aktivis Baru Usia 35 Tahun

Presiden terpilih Chile, Gabriel Boric
Sumber :
  • Source BBC

VIVA – Dengan mengejutkan, Presiden Chile yang termuda yang pernah ada sudah terpilih yakni Gabriel Boric. Sosok Boric baru berusia 35 tahun dan dia terpilih setelah meninggalkan perolehan suara rivalnya Jose Antonio Kast.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Dilansir dari laman Aljazeera, Gabriel Boric bukan hanya akan menjadi Presiden terpilih termuda di Chile namun juga termasuk pemimpin termuda yang pernah terpilih di dunia lewat pemilu. Dia merupakan sosok aktivis sejak usianya 20 tahunan. 

Perolehan suaranya 56 persen meninggalkan Kast yang hanya memperoleh 44 persen dalam pemilu di Chile. Pemilu kali ini juga dicatat menjadi pemilu yang paling membelah dan polarisasi antara dua pendukung kandidat presiden benar-benar nyata.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Kedua calon presiden (capres) menunjukkan visi dan program yang berbeda. Diketahui Gabriel Boric merupakan seorang politikus Kiri sementara Kant adalah politikus dengan aliran Kanan.

Usai diketahui terpilih, Gabriel Boric kemudian melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Chile Sebastián Piñera yang akan segera digantikannya. Dia juga pada Minggu, 19 desember 2021 sudah menyampaikan pidato kemenangan.

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Boric merupakan aktivis mahasiswa yang terkenal. Dalam pidatonya dia mengatakan, dia akan menjadi Presiden bagi Chile dan rakyatnya bukan hanya bagi orang-orang yang memilih dia.

"Saya akan melakukan yang terbaik dari saya dan sekuat tenaga menerima tantangan yang ada di depan mata saya," kata Gabriel Boric.

Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo yang merupakan capres dari PDIP tidak mau masuk pemerintahan Prabowo Subianto yang memenangkan pemilihan presiden periode 2024-2029. Seberapa tajir Ganjar?

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024