Logo BBC

Arab Saudi Izinkan Konser Musik, Namun Masih Belum Aman Bagi Perempuan

Lebih dari 700,000 penonton datang ke festival musik Soundstorm yang diselenggarakan MDLBeast di Riyadh. BBC Indonesia
Lebih dari 700,000 penonton datang ke festival musik Soundstorm yang diselenggarakan MDLBeast di Riyadh. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Saat salah satu acara musik terbesar di Timur Tengah berlangsung di Arab Saudi dalam beberapa hari terakhir, penyelenggara festival tersebut berjanji akan mengambil tindakan ekstra untuk mencegah pelecehan seksual dan lainnya di lokasi acara di Riyadh.

Acara hiburan massal tak lagi menjadi hal baru di Kerajaan Saudi yang terkenal dengan aturannya yang ketat, namun muncul laporan dari beberapa perempuan lokal dan asing bahwa mereka telah menjadi korban pelecehan - beberapa di antaranya terdokumentasikan dalam video.

Pemandangan ini masih terasa sureal - penonton ajojing dengan musik yang memekakkan telinga, padahal baru beberapa tahun lalu acara musik di depan umum adalah hal yang kontroversial di Saudi.

Laki-laki dan perempuan juga berbaur dengan cara yang dulunya tak terpikirkan.

Pengunjung festival dalam acara MDLBeast di Riyadh.
Getty Images
Laki-laki dan perempuan dibolehkan berbaur dalam konser, hal yang sebelumnya dilarang.

Musisi terkenal dari seluruh dunia harus menimbang catatan hak asasi manusia kerajaan itu sebelum memutuskan untuk tampil. Para aktivis mengatakan bahwa jika musisi-musisi itu tampil, berarti mereka membantu menutupi citra pemerintah yang represif.

Namun para musisi bukan satu-satunya kalangan yang berpikir dua kali sebelum berangkat ke acara musik di Saudi. Baru-baru ini muncul laporan pelecehan seksual yang berulang terhadap perempuan di serangkaian acara hiburan besar yang sekarang menjadi bagian kehidupan sehari-hari di Riyadh dan di tempat-tempat lain.