Logo BBC

Foto Telanjang, Rambut Kemaluan dan Sensor: Kaum Nudis Mendebat

Foto polos. Getty Images via BBC Indonesia
Foto polos. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Saya melihat tubuh telanjang sepanjang waktu dalam pekerjaan saya. Sejarah seni penuh dengan mereka - dilukis, dipahat, dan difoto - dan mereka memenuhi dinding galeri dan museum.

Saya berdiri di depan mereka, diproyeksikan di layar, saat saya memberi kuliah tentang masalah itu.

Di awal karir saya, saya berpose di sisi lain dari kuda-kuda artis, sebagai model hidup, menatap artis melihat saya.

Perspektif ganda ini telah memberi saya posisi istimewa, baik sebagai subjek dan pengamat telanjang.

Para seniman kontemporer mungkin mengkritik tradisi dan pandangan ideal telanjang itu, tetapi tubuh telanjang masih menjadi dasar perdebatan.

Telanjang dalam seni sekarang dapat mengambil berbagai bentuk dan gaya tetapi satu aspek kunci berlaku di galeri seni: mereka kemungkinan besar adalah perempuan dan diciptakan oleh laki-laki.

Aktivis feminis Guerilla Girls, yang mencap diri mereka sebagai hati nurani dunia seni, terus menghitung jumlah karya yang dipamerkan oleh seniman perempuan (sekitar 4%) dibandingkan dengan jumlah perempuan sebagai model telanjang (sekitar 76%) di Metropolitan Museum of Modern Art New York selama lebih dari 30 tahun. Kesenjangan itu tetap mencolok.

Perdebatan

Tubuh telanjang dan penggambaran visualnya selalu menarik perhatian dan menimbulkan perdebatan sengit. Apa dan siapa yang harus dilihat dan ditampilkan, oleh siapa dan di mana, membentuk dasar kode sosial dan moral yang membentuk perilaku dan kepercayaan.

Saat ini, tampilan ketelanjangan masih menjadi perdebatan, terutama dalam konteks media sosial.

Ini baik dalam kaitannya dengan foto-foto "orang dewasa telanjang secara nyata", seperti yang dijelaskan Facebook, dan dalam kaitannya dengan penggambaran ketelanjangan "artistik atau kreatif", yang sepenuhnya dilarang oleh Instagram dan perusahaan induknya.

Sementara Facebook secara resmi menyatakan bahwa pihaknya mengizinkan telanjang dalam gambar lukisan dan patung.