Logo BBC

China dan Taiwan Memanas, Seperti Apa Kekuatan Militer Keduanya?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Hubungan antara China dan Taiwan semakin panas, dengan tahun lalu jumlah serangan pesawat tempur China yang dikirim ke zona pertahanan udara Taiwan menembus rekor.

Inti dari konflik ini adalah masalah reunifikasi.

Presiden China Xi Jinping mengatakan "penyatuan kembali" dengan Taiwan " harus dipenuhi" - dan tidak mengesampingkan kemungkinan penggunaan kekuatan untuk mencapai hal ini.

China melihat Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai "provinsi yang memisahkan diri" di mana pada akhirnya akan menjadi bagian dari negara RRC lagi.

Namun, Taiwan melihat dirinya sebagai "negara merdeka", dengan konstitusinya sendiri dan para pemimpin yang dipilih secara demokratis.

Di mana Taiwan?

Taiwan adalah sebuah pulau, kira-kira 160 km dari pantai tenggara China.

Taiwan berada di apa yang disebut "rantai pulau pertama", yang masuk daftar wilayah sahabat Amerika Serikat yang penting bagi kebijakan luar negeri AS.

Peta Cina dan Taiwan dengan negara tetangga
BBC

Beberapa pakar militer dari Barat menganalisis, jika China mengambil alih Taiwan maka akan lebih bebas untuk memproyeksikan kekuatan di kawasan Pasifik barat dan bahkan mungkin mengancam pangkalan militer AS terluar di Guam dan Hawaii.