Menlu Retno Tegaskan RI Tetap Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi.
Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi.
Sumber :

VIVA – Pemerintah Indonesia menegaskan akan terus bersama rakyat Palestina memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan Palestina. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menegaskan posisi konsisten Indonesia untuk berjuang bersama rakyat Palestina. 

Pernyataan itu diutarakan Menlu merespons munculnya pemberitaan media massa Israel bahwa Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, ingin menormalisasi hubungan Indonesia dengan Israel.

"Betul bahwa pada saat Menlu Blinken bertemu dengan saya, beliau menyampaikan masalah Israel. Itu adalah hak beliau untuk mengangkat suatu isu, tetapi saya punya hak untuk merespons, yang mewakili posisi Indonesia," kata Retno kepada wawancara khusus dengan tvOne, Jumat 21 Januari 2022.

Menlu AS Antony J. Blinken di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat

Menlu AS Antony J. Blinken di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA/Aria Cindyara

Retno menegaskan bahwa posisi Indonesia adalah mendukung kemerdekaan bangsa Palestina atas penjajahan Israel.

"Saya sampaikan kalau kita bicara isu Palestina, maka posisi Indonesia konsisten sampai detik ini. Bahwa kita akan terus mendampingi perjuangan bangsa Palestina untuk mendapat keadilan dan kemerdekaannya," ucapnya.

Retno melanjutkan meski Indonesia bukan lagi menjadi anggota Dewan Keamanan PBB, Indonesia menyatakan statement posisi konsisten Indonesia ini. "Pada saat pertemuan Dewan Keamanan PBB Indonesia mengatakan menyerukan segera diakhirinya okupasi Israel di Palestina. Jadi posisi kita konsisten dan tidak banyak negara yang memiliki konsistensi yang sama dengan Indonesia pada saat kita bicara mengenai masalah Palestina dan Israel," kata Retno.