Logo ABC

Menteri Utama NSW akan Ubah Jam Sekolah, Apa Sebabnya

Uji coba perubahan jam sekolah di NSW akan dilaksanakan tahun 2022 dan sekolah bisa berpartisipasi bila menghendaki.  (ABC News: Tim Swanston)
Uji coba perubahan jam sekolah di NSW akan dilaksanakan tahun 2022 dan sekolah bisa berpartisipasi bila menghendaki.  (ABC News: Tim Swanston)
Sumber :
  • abc

Sudah bertahun-tahun murid sekolah di Australia belajar dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore namun sekarang ada usulan mengubah hal tersebut paling tidak di negara bagian New South Wales.

Menteri Utama NSW Dominic Perrottet baru-baru ini menyampaikan usulan bagi perubahan jam sekolah paling tidak di negara bagiannya sendiri termasuk di ibukota Sydney.

Ketika mengumumkan adanya panel pakar perempuan untuk memberikan nasehat kepada pemerintah di awal pekan, Perrottet mengatakan sekarang ini perlu adanya 'gagasan revolusioner" untuk mengatasi  hambatan struktural berkenaan dengan gender.

"Menurut saya, jam 9 pagi sampai jam 3 sore tidak cocok lagi ," katanya.

"Ada juga masalah sebelum dan sesudah jam sekolah, masalah dengan tempat penitipan anak dan pendidikan anak usia dini."

Salah satu hal serius yang mendorong perubahan jam sekolah ini adalah masalah beban orang tua yang bekerja yang harus mempersiapkan anak-anak mereka di pagi hari dan menjemput mereka di sore hari.

Dominic Perrottet yang baru menduduki jabatan beberapa bulan  lalu dan istrinya Helen saat ini memiliki enam orang anak dan sedang menunggu yang ketujuh.

Presiden Serikat Pekerja Guru NSW Angelo Gavrielatos menolak gagasan itu sebagai pernyataan acak, bukan rencana serius.