Upaya China Alihkan Isu Soal Pelanggaran HAM Uighur Dinilai Gagal

VIVA Militer: Tindakan represif militer China terhadap etnis Muslim Uighur
Sumber :
  • Amnesty International

VIVA - Center for Indonesian Domestic and Foreign Policy Studies (CENTRIS) mengingatkan negara-negara dunia khususnya Indonesia agar tidak terpengaruh pengalihan isu pelanggaran berat HAM terhadap etnis Uighur, yang dilakukan China dengan berbagai cara, termasuk dalam agenda Olimpiade Beijing.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Tindakan represif militer China terhadap etnis Muslim Uighur

Photo :
  • NPR

Pelanggaran HAM Berat Tidak Dapat Dialihkan

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Peneliti senior CENTRIS, AB Solissa, mengatakan harapan Tiongkok menarik perhatian dunia terhadap isu dinamisnya kehidupan sosial di negara mereka, gagal total karena pelanggaran berat HAM tidak dapat dialihkan hanya dengan menampilkan atlit asal Uighur sebagai pembawa obor Olimpiade Beijing.

“Kelihatan sekali maksud terselubung China mengalihkan isu pelanggaran berat HAM di Xinjiang, dengan menunjuk atlet asal Uighur sebagai pembawa obor Olimpiade,” kata AB Solissa saat dihubungi wartawan, Selasa, 15 Februari 2022.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Dia memastikan semakin banyak masyarakat dunia yang mengetahui betapa kejamnya otoritas Tiongkok terhadap muslim Uighur, yang sejatinya adalah warga nagara mereka sendiri.

Baca juga: China Diminta Bebaskan PBB Masuk ke Xinjiang

Perlakuan Buruk

Fakta berupa bukti-berupa foto, video dan dokumen yang memperlihatkan buruknya perlakuan China terhadap muslim Uighur mulai dari penahanan masal, sterilisasi paksa, penyiksaan fisik, pemerkosaan, pernikahan paksa yang menjurus pada aksi genosida, sudah banyak beredar dan dimiliki negara-negara dunia.

Menurut Solissa, seluruh fakta dan bukti kekejian Tiongkok menyebabkan tidak berfungsinya mesin-mesin propaganda China yang salalu menggembar-gemborkan narasi bahwa orang Uighur menikmati kehidupan yang damai, harmonis, dan bahagia di China.

“Tidak satupun (mesin propaganda) yang dapat berfungsi sebagai alat campaign, untuk mem-brainwash negara-negara dunia agar melupakan kejahatan kemanusiaan terhadap muslim Uighur,” kata Solissa.

Aksi solidaritas untuk Muslim Uighur

Photo :
  • ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Apalagi, lanjut Solissa, sejak penahanan massal muslim Uighur pada tahun 2016, tergambar jelas Partai Komunis Tiongkok (PKT) telah memulai upaya sistematis dan terkoordinasi untuk menghapus budaya Uighur dan membuat kembali minoritas muslim tersebut menjadi warga yang fleksibel dan produktif melalui “pendidikan ulang”.

Sebagai bagian dari proses ini, anak-anak telah dipisahkan dari orang tua mereka untuk ditempatkan di penitipan negara, sementara para wanita Uighur menjadi sasaran pengendalian kelahiran invasif dan pelecehan seksual, atau ditahan tahanan dan masuk dalam sistem kerja paksa.

“China juga telah melarang penggunaan bahasa Uighur dalam bahasa percakapan dan tulisan, memberlakukan pembatasan praktik keagamaan, merobohkan masjid dan situs keagamaan lainnya, menggunakan bujukan keuangan untuk mendorong perkawinan campur dengan kelompok etnis Han yang dominan, dan menganiaya kaum intelektual Uighur,” kata Solissa.

Boikot Olimpiade Beijing

Saat ini, Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan Kanada termasuk negara-negara yang melakukan boikot diplomatik ke Olimpiade Beijing atas masalah hak asasi manusia, terutama soal Uighur.

Ormas Islam menggelar aksi demonstrasi bela Uighur di depan Kedubes China.

Photo :
  • VIVAnews/ Bayu Januar.

Menteri luar negeri Australia, Marise Payne beberapa waktu lalu menjadikan ini sebagai prioritas Australia atas nama kemanusiaan diamana negaranya berkomitmen pada norma yang mendukung hak asasi manusia universal, kesetaraan gender, dan supremasi hukum.

“Meski tetap diselenggarakan, kita masyarakat dunia seyogianya jangan sampai termakan settingan China yang ingin mengalihkan isu pelanggaran berat HAM yang mereka lakukan kepada jutaan muslim Uighur,” tutur AB Solissa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya