Jet Tempur Sukhoi Ukraina Nyasar ke Rumania, Pilot Dipaksa Mendarat

Pesawat Sukhoi Su-27 Flanker Ukraina - Air Force
Sumber :
  • Alexis Boidron Aviation Photography

VIVA – Dua jet tempur F-16 Fighting Falcon Rumania mencegat pesawat tempur milik Angkatan Udara Ukraina jenis Sukhoi SU-27 melintas di wilayah pertahanan udara Rumania pada Kamis pagi waktu setempat. Jet tempur Ukraina itu dipaksa mendarat di pangkalan militer dekat Kota Bacau, Rumania Timur. 

Amerika Tiarap, Rusia Raup Untung Besar di Balik Perang Iran dan Israel

Dilansir RT, Kamis, 24 Februari 2022, Kementerian Pertahanan Rumania mengatakan pilot jet tempur Sukhoi SU-27 Ukraina itu pun akhirnya menyerahkan diri kepada pihak berwenang, sebagai konsekuensi hukum dari insiden tersebut. Bucharest berjanji akan memberikan rincian lebih lanjut terkait insiden tersebut. 

Kabar penurunan paksa jet tempur Ukraina itu muncul di tengah operasi militer Rusia di Ukraina, yang diluncurkan Rusia pada Kamis pagi. Moskow mengidentifikasi lapangan udara dan pesawat militer Ukraina di darat sebagai target utama serangan udaranya.

Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

Rumania yang merupakan anggota NATO, mengatakan telah mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan dan sedang memantau peristiwa yang terjadi di negara tetangga.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia telah meluncurkan operasi untuk memaksa demiliterisasi dan "de-Nazifikasi" Ukraina. Dia menuduh AS mempersenjatai negara itu melawan Rusia dan menutup mata terhadap kehadiran nasionalis radikal di jajaran pasukan Ukraina. 

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Operasi itu dimaksudkan untuk mencegah pertumpahan darah yang lebih buruk di masa depan, kata pemimpin Rusia itu.

Sementara Ukraina telah menutup wilayah udaranya untuk penerbangan sipil, menurut pemberitahuan kepada penerbang (NOTAM) yang didistribusikan oleh lembaga pemerintah dan operator bandara. Penutupan de facto wilayah udara mulai berlaku pada 01:56 waktu setempat pada hari Kamis dan akan terus diperbarui pada pukul 23:59 di hari yang sama.

Pemberitahuan itu lantaran potensi bahaya bagi penerbangan sipil sebagai alasan di balik peringatan itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya