Ada Vladimir Putin, Ini 10 Pemimpin Dunia Paling Disegani

Presiden Rusia, Vladimir Putin
Sumber :
  • Washington Times

VIVA – Pemimpin merupakan seseorang yang memiliki dan menjalankan kekuasaan paling besar, seperti misalnya pemimpin dalam suatu negara. Biasanya para pemimpin tersebut terpilih dari politik dengan kekuasaan yang besar. Namun ada juga pemimpin yang ada di luar politik dan sangat berpengaruh mulai dari bidang agama, inovasi, bisnis, media sosial hingga hiburan. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Para pemimpin ini dianggap sebagai pembentuk opini dan memiliki pengaruh yang besar baik itu bagi negaranya sendiri maupun dunia. Selain itu juga karena memiliki pengikut dan kultus yang besar. Mengutip dari The Teal Mango, berikut ini daftar pemimpin paling disegani di dunia tahun 2022: 

1. Xi Jinping

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping

Photo :
  • Fortune

Xi Jinping merupakan politikus China yang menjadi presiden Republik Rakyat China sejak tahun 2013 lalu. Dirinya dianggap sebagai pemimpin paling disegani di dunia. Dalam dunia barat dirinya dipandang sebagai seorang diktator atau pemimpin yang otoriter dengan alasan peningkatan pengawasan massal, penurunan hak asasi manusia, penyensoran berita, Internet dan berbagai acara.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Sebelum menjadi presiden China, ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok dan ketua Komisi Militer Pusat. Untuk memastikan cengkeraman kuat pada partai yang berkuasa, ia menghapus batas masa jabatan presiden di China pada tahun 2018 dengan meloloskan serangkaian amandemen konstitusi.

2. Vladimir Putin

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • CNBC

Pemimpin paling disegani di dunia yang berada di peringkat kedua yakni ada Vladimir Putin, Presiden Rusia. Di tengah konflik Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung, Putin memerintahkan operasi militer di Ukraina timur pada 24 Februari dalam sebuah pernyataan mengejutkan. Invasi skala penuhnya telah memaksa penduduk setempat untuk melarikan diri. Dirinya juga memperingatkan negara-negara barat untuk tidak ikut campur dalam masalah internalnya. Putin juga menambahkan bahwa tujuan Rusia bukan untuk menduduki Ukraina, namun konsekuensi perang terletak pada rezim Ukraina.

3. Joe Biden

Presiden AS Joe Biden

Photo :
  • Andrew Nelles / The Tennessean

Joe Biden merupakan presiden Amerika Serikat yang saat ini menjabat dan menjadi salah satu politisi yang paling kuat dan disegani di dunia. Dia adalah presiden tertua yang terpilih dalam sejarah Amerika Serikat dan yang pertama memiliki seorang wanita dan wakil presiden Afrika/Asia-Amerika Kamala Harris. Dalam dua hari pertamanya menjabat sebagai presiden, Biden menandatangani 17 perintah eksekutif yang sebagian besar terkait dengan pembalikan sebagian besar kebijakan luar negeri Trump, terutama yang berkaitan dengan imigrasi dan perubahan iklim.

4. Angela Merkel 

VIVA Militer: Kanselir Jerman, Angela Merkel

Photo :
  • Spiegel

Angela Merkel merupakan politisi Jerman yang menjabat sebagai kanselir Jerman sejak 2005. Hal itu yang membuatnya menjadi pemimpin wanita paling disegani di dunia. Dirinya adalah kanselir wanita pertama Jerman dan secara luas digambarkan sebagai pemimpin de facto Uni Eropa. Titik balik utama dalam karir politiknya adalah runtuhnya tembok berlin pada tahun 1989 ketika ia bergabung dengan partai baru Kebangkitan Demokratik yang kemudian bergabung dengan Uni Demokrat Kristen Jerman Timur. Merkel sempat menjabat sebagai wakil juru bicara untuk Pemerintah Jerman Timur pertama yang dipilih secara demokratis.

5. Jeff Bezos

Jeff Bezos.

Photo :
  • TechCrunch

Jeff Bezos merupakan pengusaha Amerika pertama yang dalam daftar orang paling disegani di dunia pada tahun 2022. Pendiri dan CEO perusahaan teknologi multinasional Amazon ini diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari $200 miliar sehingga menjadikannya sebagai  orang terkaya dan juga berkuasa di dunia.

Amazon yang awalnya sebagai toko buku online kini menawarkan berbagai macam produk dan layanan e-commerce seperti cloud computing, streaming video/audio dan kecerdasan buatan. Sekarang perusahaan amazon menjadi penjualan online terbesar di dunia dengan total penjualan mencapai $400 miliar. Pada tahun 2000, Bezos juga mendirikan perusahaan layanan penerbangan luar angkasa yang disebut sub-orbital Blue Origin karena minatnya pada perjalanan ruang angkasa.

6. Paus Fransiskus

Paus Fransiskus.

Photo :
  • Instagram @franciscus

Paus Fransiskus merupakan seorang kepala Gereja Katolik dan penguasa Negara Kota Vatikan. Dirinya menjadi salah satu pemimpin dunia yang memiliki paling banyak pengikut dari seluruh dunia. Ia adalah paus pertama yang menjadi anggota Serikat Yesus. Ia bergabung dengan Serikat Yesus setelah sembuh dari sakit parah dan mendapatkan ilham, 11 tahun setelahnya ia menjadi imam. Dirinya kemudian menjadi Uskup Agung dan diangkat menjadi kardinal. Ketika Fransiskus menjadi paus ia mempertahankan pandangan tradisional Gereja Katolik tentang selibat klerus, penahbisan wanita dan aborsi. 

7. Bill Gates

Bill Gates

Photo :
  • Pixabay

Nama Bill Gates juga menjadi salah satu yang paling populer dan dikenal di hampir seluruh dunia. Bill Gates merupakan seorang programmer komputer asal Amerika dan pendiri Microsoft Corporation, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Kekayaan bersih yang dimiliki Bill Gates diperkirakan mencapai $145,3 miliar pada tahun 2021. 

8. Muhammed bin Salman Al Saud

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman.

Photo :
  • SAUDI KINGDOM COUNCIL

Mohammed bin Salman, juga dikenal sebagai pemimpin paling disegani di dunia. Dirinya merupakan seorang politisi di Arab Saudi dan putra mahkota Arab Saudi sekaligus sebagai wakil perdana menteri negaranya tersebut. Ia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan, Ketua Dewan Politik dan Keamanan, dan Menteri Pertahanan. 

Muhammed bin Salman Al Saud kerap digambarkan sebagai kekuatan di balik takhta ayahnya, Raja Salman. Dirinya berhasil dalam beberapa reformasi domestik utama seperti memperkenalkan peraturan untuk membatasi kekuasaan polisi agama, menghilangkan larangan pengemudi perempuan dan melemahkan sistem perwalian laki-laki.

9. Narendra Modi

Perdana Menteri India Narendra Modi.

Photo :
  • U-Report

Narendra Modi yang merupakan perdana menteri India ke-14 ini juga bisa dibilang sebagai pemimpin paling disegani di dunia. Dirinya menjadi perdana menteri paling populer di dunia. Dia adalah kepala menteri negara bagian Gujarat sejak 2001-2014. Dia adalah anggota parlemen untuk daerah pemilihan Varanasi dari Uttar Pradesh.

Modi adalah wajah perdana menteri partai dalam pemilihan umum yang diadakan pada tahun 2014 dan memenangkan kemenangan telak dengan 282 kursi dengan pangsa 31% suara dan mendapat mayoritas yang nyaman di Lok Sabha, majelis rendah parlemen India. Modi memenangkan masa jabatan kedua pada 2019 dengan 303 kursi.

10. Jerome Powell

Gubernur Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell.

Photo :
  • Twitter.com/@federalreserve

Jerome Powell merupakan penasihat ekonomi dan pengacara Amerika yang saat ini menjabat sebagai Ketua Federal Reserve. Powell menjadi bankir sentral top dunia pada tahun 2018 setelah Presiden Trump saat itu tidak memperpanjang masa jabatan Janet Yellen.

Dia adalah orang di belakang cadangan federal yang kuat yang menjalankan mesin cetak dan juga bertanggung jawab atas kebijakan moneter AS yang berdampak tidak hanya pada AS, ekonomi terbesar dunia, tetapi juga hampir setiap negara maju dan berkembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya