Logo ABC

Hanya Bawa 61 Penumpang, Garuda Terbang Lagi dari Sydney ke Denpasar

Garuda Indonesia membuka kembali rute penerbangan langsung Sydney-Denpasar mulai hari Jumat (04/03) membawa lebih dari 60 wisatawan Australia. ()
Garuda Indonesia membuka kembali rute penerbangan langsung Sydney-Denpasar mulai hari Jumat (04/03) membawa lebih dari 60 wisatawan Australia. ()
Sumber :
  • abc

Garuda Indonesia memulai kembali penerbangan langsung Sydney-Denpasar, Jumat (04/03), membawa 61 penumpang dari Australia ke Pulau Dewata yang sudah lama menunggu kedatangan turis asing.

Garuda Indonesia menyatakan penerbangan Sydney-Denpasar dibuka kembali untuk mempercepat pemulihan ekonomi negara itu melalui sektor pariwisata.

Catatan ABC News menunjukkan sebelum pandemi jumlah turis Australia yang berkunjung ke Bali mencapai 1,23 juta orang sepanjang tahun 2019.

Jumlah ini merupakan yang terbanyak, disusul wisatawan asal China sebesar 1,1 juta orang.

Konsul Jenderal RI Sydney Vedi Kurnia Buana menjelaskan, pihaknya sudah merancang sejak awal begitu mendengar kabar bahwa Bali akan dibuka untuk penerbangan internasional.

"Kita langsung koordinasi dengan pihak Garuda di sini untuk memastikan apakah ada penerbangan langsung dari Sydney atau Australia ke Bali," kata Konsul Jenderal Vedi kepada Farid Ibrahim dari ABC Indonesia.

"Sebelum pandemi, dari 26 juta penduduk Australia, 1,2 juta di antaranya berlibur ke Bali. Sekitar empat dari 100 orang Australia liburan ke Bali tiap tahun," jelasnya.