5 Kesalahan Paling Mahal yang Pernah Terjadi Sepanjang Sejarah

Bencana gempa bumi dahsyat Hanshin di Jepang, 17 Januari 1995
Sumber :
  • pinterest.com

VIVA – Kesalahan paling mahal bisa Anda simak di pembahasan berikut ini. Seringkali kita tidak menyadari telah berbuat sesuatu yang fatal sehingga memberikan dampak buruk pada diri sendiri maupun orang lain.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Semua orang pernah membuat kesalahan, tetapi beberapa lebih berisiko daripada yang lain.  Sebelum melakukan suatu hal, coba teliti dan berhati-hati dalam melakukan sesuatu hal. Karena sedikit kesalahan dapat berujung kecerobohan yang nantinya memberikan risiko buruk.

Sebagaimana dibuktikan oleh kecelakaan paling mahal berikut ini. Beberapa bencana terburuk dalam sejarah adalah akibat dari kesalahan manusia yang tidak berbahaya. Kesalahan pengetikan, kesalahan desain dan komunikasi, atau sedikit kelalaian dapat membuat Anda kehilangan banyak uang, belum lagi kerugian manusia dan dampak ekologis.

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Jika Anda seorang manusia yang tinggal di planet Bumi ini, Anda mungkin telah melakukan beberapa kesalahan. Ini agak apa yang kita lakukan. Tetapi beberapa kesalahan paling mahal seperti berikut ini, nyatanya membutuhkan biaya lebih banyak dan bisa jauh lebih sulit untuk dipulihkan daripada yang lain.

Nah, berikut ini terdapat 5 kesalahan paling mahal dengan biaya penanganan termahal. Kebanyakan akibat dari kesalahan 

Mengulik Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya: Bencana hingga Pemimpin

1. Gempa di Kobe Jepang

Ilustrasi - Tembok yang rubuh akibat gempa bumi kuat terlihat di Kunimi, Prefektur Fukushima, Jepang, Minggu, 14 Februari 2021) dalam foto yang diambil oleh Kyodo.

Photo :
  • ANTARA

Pada tanggal 17 Januari 1995, gempa berkekuatan 6,9 SR melanda kota Kobe, Jepang.  Bisa dibilang gempa bumi yang terjadi di Kobe itu yang paling mematikan dan paling mahal yang pernah menyerang negara Jepang saat itu.

Gempa bumi terjadi pada pukul 05:46 pada hari Selasa, 17 Januari 1995, di bagian selatan prefektur Hyogo, barat-tengah Honshu. Itu berlangsung sekitar 20 detik dan terdaftar sebagai berkekuatan 6,9 (7,3 skala Richter). 

Pusat gempanya adalah bagian utara Pulau Awaji di Laut Pedalaman, 12,5 mil (20 km) di lepas pantai kota pelabuhan Kobe; fokus gempa berada sekitar 10 mil (16 km) di bawah permukaan bumi. 

Wilayah Hanshin (nama ini berasal dari karakter yang digunakan untuk menulis saka dan Kobe) adalah daerah perkotaan terbesar kedua di Jepang, dengan lebih dari 11 juta penduduk; dengan pusat gempa yang terletak sedekat itu dengan daerah berpenduduk padat, efeknya luar biasa.

Gempa bumi itu terkenal karena mengekspos kerentanan infrastruktur. Pihak berwenang yang memproklamirkan kemampuan tahan gempa yang unggul dari konstruksi Jepang dengan cepat terbukti bersalah dengan runtuhnya banyak bangunan yang dianggap tahan gempa, jalur kereta api, jalan raya layang, dan fasilitas pelabuhan di daerah Kobe.

Meskipun sebagian besar bangunan yang dibangun menurut kode bangunan baru tahan gempa, banyak bangunan lainnya, terutama rumah berbingkai kayu yang lebih tua, tidak tahan gempa. Jaringan transportasi lumpuh total, dan ketidaksiapan bencana nasional juga terungkap.

Setelah bencana Kobe, jalan, jembatan, dan bangunan diperkuat untuk menahan gempa lain, dan pemerintah nasional merevisi kebijakan tanggap bencananya (tanggapannya terhadap gempa tahun 2004 di prefektur Niigata jauh lebih cepat dan lebih efektif). 

Jaringan transportasi darurat juga dirancang, dan pusat evakuasi serta tempat perlindungan didirikan di Kobe oleh pemerintah prefektur Hyogo.

Membutuhkan perbaikan selama puluhan tahun, lantaran banyak bangunan hancur. Salah satu kerusakan yang paling besar adalah Jalan Tol Hanashin, ini menjadi jalur transportasi utama di Jepang.


2. Bencana Chrenobyl – $590 miliar

Dampak bencana nuklir

Photo :
  • https://www.livescience.com/

Bencana Chernobyl adalah kecelakaan nuklir terburuk dan paling mematikan sepanjang masa. Bagian terburuknya adalah, itu terjadi karena beberapa kesalahan yang benar-benar dapat dicegah. 

Pada tanggal 25 April 1986, sebuah latihan simulasi pemadaman listrik di Chernobyl menyebabkan reaksi yang tidak terkendali dan api meluap hingga membakar selama sembilan hari. 134 pekerja dirawat di rumah sakit karena paparan radiasi, dan 31 di antaranya meninggal dalam beberapa minggu berikutnya.

14 dari mereka kemudian meninggal karena kanker, kemungkinan disebabkan oleh radiasi. Pembangkit listrik Chernobyl menggunakan reaktor rancangan Soviet yang tidak sesuai dengan kode untuk digunakan di tempat lain di dunia. Cacat desain di reaktor itu menyebabkan insiden yang mengerikan, dan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terjadi.

3. The Pipper Alpha - $3,4 Miliar

Kapal tanker super angkut minyak Iran melewati Gibraltar

Photo :
  • BBC Video

Selanjutnya, kesalahan paling mahal kita dapatkan dari kasus The Pipper Alpha. Tragedi rig minyak Piper Alpha dipicu oleh kesalahan manusia. Kita bisa melihat bencana Piper Alpha yang berakhir dengan membunuh 167 orang dan menelan biaya total $3,4 miliar. 

Dari semua kecelakaan dalam daftar ini, yang satu ini bisa menjadi yang paling mudah dicegah. Di wilayah Laut Utara yang kaya akan minyak pada tahun 1988, anjungan minyak Piper Alpha meledak dan terbakar. 

Pada saat itu rig ini menyumbang sekitar 10% dari produksi gas dan minyak Laut Utara dan sekarang merupakan bencana minyak lepas pantai terburuk yang pernah ada.

Paska bencana diketahui, baru terkuaklah faktor dari penyebab meledaknya anjungan minyak Piper Alpha. Yaitu, ternyata pada saat perawatan rutin dilakukan pada 100 klep pengaman tidak diganti satu klep pengaman, artinya bencana ini disebabkan oleh human error tunggal.

4. Lake Peigneur – $32 juta

Ilustrasi danau di permukaan Titan

Photo :
  • NASA

Danau Peigneur adalah danau air asin kecil dan dangkal, tak jauh dari Teluk Vermilion di Louisiana selatan.
Suatu pagi di bulan November tahun 1980, danau itu sempat menjadi bekas danau, sebelum menjadi danau terdalam di seluruh Louisiana.

Pada tanggal 20 November, awak pengebor minyak yang dikontrak oleh Texaco berangkat untuk satu hari pengeboran eksplorasi di danau, mungkin memikirkan seberapa normal hari mereka berjalan atau seberapa akurat mereka dalam memilih lokasi untuk mengebor minyak.

Ketika mereka mulai mengebor, mereka segera mengalami masalah: Bor mereka tampaknya macet. Kalau dipikir-pikir, itu hanya masalah kecil karena mereka akan melihat seluruh danau menghilang di depan mata mereka, bersama dengan rig mereka, beberapa perahu, dan sebuah pulau kecil. 

Di bawah danau adalah tambang garam yang telah ada selama lebih dari 100 tahun. Awak pengeboran mengira mereka jauh dari tambang, tetapi ketika mereka berusaha melepaskan bor mereka, rig mulai miring sesaat sebelum menghilang, yang cukup banyak menegaskan bahwa mungkin ada sedikit gangguan.

Para kru dapat melarikan diri ke pantai, di mana mereka menyaksikan rig 46 meter (150 kaki) menghilang ke dalam apa yang dulunya merupakan danau sedalam 3 meter (10 kaki), seperti versi bencana ekologi terbalik ketika Mary Poppins mengeluarkan tangga dari tas tangannya.
 
Beberapa tongkang di dekat lubang menghilang ke dalam pusaran air raksasa, karena lubang itu terus membesar. Sementara itu, para penambang di tambang bawah mulai mengungsi karena porosnya terisi air.

Untungnya, mereka juga keluar tepat waktu dan dapat menyaksikan bagian dari pulau terdekat juga meluncur ke dalam lubang dengan kekuatan yang cukup untuk menyebabkan air meluncur 122 meter (400 kaki) ke udara keluar dari lubang tambang.

Danau ini dulunya mengalir ke Teluk Vermillion melalui Kanal Delcambre, tetapi aliran ini berbalik setelah dikosongkan dan air dari teluk terbawa ke belakang, untuk sementara menciptakan air terjun setinggi 50 meter (164 kaki), sebelum mengisi yang baru digali. lubang dengan air, menjadikannya danau terbesar di Louisiana.

Texaco membayar $32 juta dalam penyelesaian di luar pengadilan dengan Diamond Crystal Salt Company atas kerusakan tambang dan $12,8 juta kepada Live Oak Gardens Foundation dan Live Oak Gardens Ltd.

5. Prestige Oil Spill 2002 / Tumpahan Minyak  – $12 Billion

Ilustrasi kapal meledak.

Photo :
  • Sarno - VIVA Berau

Pada awal November 2002, garis pantai Eropa Barat mengalami kecelakaan fatal yang sebenarnya bisa dihindari. Biaya keseluruhan dari kecelakaan itu diperkirakan mencapai $ 12 miliar tetapi efeknya pada garis pantai dan satwa liar di sana tidak dapat diukur.

Kecelakaan itu terjadi sebagai akibat dari badai di Samudra Atlantik, sekitar 120 mil di lepas pantai Spanyol, yang menyebabkan Prestige, sebuah kapal tanker minyak berlambung tunggal mengalami masalah dan mulai mengeluarkan minyak ke laut. Kapten kapal mengeluarkan panggilan darurat kepada pihak berwenang Spanyol meminta mereka untuk mengizinkannya membawa kapalnya yang terdampar ke pelabuhan Spanyol tetapi permintaan ini ditolak, sebagai gantinya awak dievakuasi dan kapal harus dinavigasi menjauh dari pantai dan kembali keluar ke laut.

Selama ini kapal diperintahkan oleh otoritas Prancis untuk menghindari perairan Prancis dan dipaksa kembali ke selatan menuju garis pantai Spanyol/Portugal. Pihak berwenang Portugis, yang khawatir dengan garis pantai mereka sendiri, memerintahkan angkatan lautnya untuk mencegat kapal itu dan menarik kapal tanker itu ke lepas pantai daripada membiarkannya masuk ke pelabuhan. Semua ini menyebabkan kapal tanker yang sakit benar-benar pecah menjadi dua dan membuang sebagian besar dari 77,00 ton minyaknya ke Samudra Atlantik.

Secara keseluruhan, ini adalah kecelakaan yang dapat dicegah, dan dapat dicegah pada beberapa kesempatan berbeda di sepanjang cerita ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya