Rusia Serang Wilayah Ukraina Barat, Politisi Eropa Khawatir

Mobil dan bangunan rumah sakit hancur akibat serangan udara di Mariupol, Ukraina
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/NATIONAL POLICE OF UKRAINE

VIVA - Salah satu pangkalan militer terbesar Ukraina, yang terletak 25 kilometer dari perbatasan Polandia diserang oleh rudal Rusia dan menewaskan 35 orang serta 134 lainnya terluka. Pangkalan militer di Yavoriv hanya berjarak 60 kilometer dari Lviv, pusat utama pengungsi Ukraina menuju Polandia.

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Seorang pria berjalan melewati reruntuhan bangunan di kota Mariupol, Ukraina.

Photo :
  • AP Photo/Evgeniy Maloletka

Digunakan oleh Instruktur Militer NATO

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Pangkalan militer tersebut juga digunakan oleh instruktur militer NATO. Sejauh ini, pejabat Ukraina masih memastikan apakah ada yang berada di lokasi serangan dan terluka.

Serangan terhadap Pusat Internasional untuk Pemeliharan Perdamaian dan Keamanan adalah serangan oleh Rusia. Serangan tersebut meningkatkan kekhawatiran bahwa Lviv akan segera terlibat dalam konflik.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Lebih dari seminggu yang lalu, VOA melaporkan badan-badan intelijen Amerika Serikat khawatir jika Belarus mengerahkan pasukannya untuk terlibat dalam perang, dan akan melancarkan serangan ke barat laut dan tengah Ukraina.

Baca juga: Rusia Gempur Pangkalan Militer Ukraina di Dekat Polandia

Belarusia Belum Masuki Konflik

Sejauh ini, Belarusia belum memasuki konflik secara langsung dan serangan terhadap pusat pelatihan merupakan serangan dari Rusia. Meski demikian, pejabat Amerika Serikat dan Eropa tetap khawatir tentang Belarusia yang ikut terlibat.

Selain itu, menurut para intelijen Amerika Serikat, Lviv adalah tempat yang tidak aman. Pesan yang dikirim ke LSM dan proyek yang didanai oleh Amerika Serikat memperingatkan bahwa kota-kota di Barat Ukraina tidak lagi dianggap aman.

Pekerja LSM yang masih berada di Ukraina, disarankan untuk meninggalkan Lviv dan mencari perlindungan di desa-desa perbatasan yang kemungkinan kecil menjadi sasaran rudal Rusia. Gubernur lokal wilayah Lviv mengatakan 30 rudal menghantam fasilitas pelatihan militer. Pejabat Pemerintah Pusat memperkirakan ada delapan rudal yang juga menghantam pangkalan militer itu menurut data awal.

“Para penjajah melancarkan serangan udara di Pusat Internasional untuk Penjagaan Perdamaian dan Keamanan. Menurut data awal, mereka menembakan delapan rudal,” kata Anton Mironovich, juru bicara Angkatan Bersenjata Ukraina, dikutip dari VOA, Senin 14 Maret 2022.

Peringatan dikeluarkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, pada Sabtu, 12 Maret 2022, dengan mengatakan bahwa konvoi senjata ke Ukraina barat dianggap oleh Moskow sebagai target militer yang sah.

Ada peningkatan dalam beberapa hari terakhir serangan udara Rusia yang menargetkan fasilitas militer di Ukraina barat. Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, mengatakan pasukan Rusia telah melakukan serangan rudal jarak jauh ke lapangan udara militer di kota Lutsk dan Ivano Frankivsk di Ukraina barat.

“Rusia telah menyerang Pusat Internasional untuk Pemeliharaan dan Keamanan Internasional di dekat Lviv. Instruktur asing bekerja di sini. Informasi tentang para korban sedang diklarifikasi. Ini adalah serangan teroris baru terhadap perdamaian dan keamanan di dekat perbatasan UE-NATO. Tindakan harus diambil untuk menghentikan ini. Tutup jalur udara,” kata Menteri Pertahanan Ukraina.

Serangan yang begitu dekat dengan Polandia membuat khawatir para politisi Eropa. Norbert Rettogen, seorang politisi Jerman mengatakan bahwa serangan ke Lviv, kota di Ukraina barat lebih dekat ke Berlin daripada Berlin ke Paris.

“Perang ini akan berakhir lebih buruk lagi, itu akan semakin dekat. Untuk memulihkan perdamaian di Eropa, kita harus berbuat lebih banyak, yaitu segala yang kita bisa. Menunggu bukan lagi hal yang dapat diterima,” kata Norbert Rettogen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya