Presiden Meksiko Jual Pesawat Kepresidenannya untuk Berhemat

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador
Sumber :
  • AP Photo/Alexandre Meneghini

VIVA – Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan pada Senin 28 Maret 2022 bahwa dia telah menawarkan jet kepresidenannya untuk dijual atau disewakan. Jet tersebut nantinya bisa digunakan dan disewa untuk pesta atau pun pernikahan dan acara lainnya.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Lopez mengaku bahwa alasan dia menjual jet tersebut karena menurutnya jet Boeing 787 terlalu mewah untuknya. Oleh karena itu dia menolak untuk menggunakan jet kepresidenan yang mewah tersebut secara eksklusif.

Namun Lopez menekankan bahwa dirinya tidak akan menjual jet tersebut ke sembarang orang. Sebaliknya, dia akan menjualnya kepada perusahaan yang dipimpin militer yang akan mengoperasikan Bandara Felipe Angeles Mexico City yang baru. Nantinya pesawat akan terparkir di bandara tersebut dan akan tersedia jika ada yang berminat untuk menyewa pesawat tersebut.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

“Biaya sewa akan membayar untuk biaya pemeliharaannya. Ini akan terbuka untuk umum jika ada yang menginginkannya untuk pesta pernikahan dan mereka yang ingin membawa keluarga mereka untuk pesta dewasa, atau pun pesta ulang tahun,” kata Lopez dikutip dari ABC News, Selasa 29 Maret 2022.

Baca juga: Roman Abramovich Alami Gejala Keracunan, Terkait Ukraina-Rusia?

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Keluarg-keluarga di Meksiko sendiri memiliki tradisi di mana mereka akan mengadakan pesta untuk putri remaja di keluarga mereka. Termasuk bisa dirayakan di dalam peawat.

Sejak 2018 Lopez telah berusaha untuk memikat berbagai perusahaan dan eksekutif bisnis untuk membeli jet tersebut dan mengadakan undian simbolis untuk hal itu.

Sebagai Presiden, Lopez bangga dengan penghematan yang dilakukannya. Bahkan, Lopez hanya melakukan penerbangan komersial dan hanya melakukan satu kali perjalanan ke luar negeri.

Namun Lopez mengatakan bahwa jet tersebut terlalu sulit dijual karena terlalu khusus dan dibuat sesuai pesanan. Dia juga mengatakan bahwa pemerintah masih akan terbuka untuk menawarkan pesawat namun melihat 3 setengah tahun berlalu namun tampaknya penjualan tersebut belum bersambut.

Pesawat jet tersebut dibeli seharga $200 juta dan digunakan oleh Presiden Meksiko sebelumnya Enrique Pena Nieto. Pesawat itu sangat sulit dijual karena sudah terkonfigurasi hanya bisa membawa 80 orang. Namun yang menjadi sorotan adalah dengan adanya kamar presiden yang lengkap dengan kamar mandi pribadi di dalamnya. Para ahli juga menyebutkan akan sangat mahal untuk mengkonfigurasi ulang menjadi pesawat jet biasa yang umumnya diharapkan dapat menampung 300 orang untuk mengadakan sebuah acara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya