10 Fakta Menarik Malaysia, Negara Tetangga yang suka berselisih

Bendera Negara Malaysia
Sumber :
  • en.wikipedia.org

VIVA – Sebelum membahas 10 fakta menarik Malaysia, mari menilik bahwa Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia yang masih dalam satu rumpun. Negara ini merupakan negara federasi yang terdiri dari 13 negara bagian. Negara ini secara geografis juga dipisahkan dengan dua kawasan berbeda, Malaysia Barat dan Malaysia Timur, Malaysia berbatasan dengan 5 negara yaitu, Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura dan Thailand.

Chery Bakal Temui Kemenhub Terkait Kasus Recall Omoda 5

Negara Malaysia dipimpin oleh Yang Dipertuan Agung, dan pemerintahannya sendiri dikepalai oleh perdana menteri. Model pemerintahan Malaysia menyerupai sistem parlementer Westminster, atau bagian dari kolonial Britania. Malaysia baru merdeka pada tanggal 31 Agustus 1957.

Nah, berikut fakta menarik tentang Malaysia Negara yang sudah berdiri lebih dari 70 tahun ini

Wajar jika Kementerian Ditambah sampai 40 untuk Indonesia yang Besar, Menurut Pengamat

1. Bendera dibuat oleh seorang Arsitek

Mohammad Hamzah, Arsitek Departemen Pekerjaan Umum berusia 29 tahun pada 1963 memenangkan sayembara yang diadakan untuk merancang bendera baru setelah Federasi Malaya menggantikan Persatuan Malaya.

Kenaikan Cukai Picu Turunnya Produksi Rokok dan Penerimaan Negara

2. Nama Tua Malaysia

Ahli geografi Yunani-Romawi Ptolemy menamai Malaysia dengan nama Aurea Chersonesus yang berarti “semenanjung emas”. Nama tersebut ditemukan di dalam buku Ptolemy Geographia yang ditulis sekitar tahun 150 M.

3. Kesultanan tertua di dunia

Malaysia berdiri bersama 9 kesultanan atau diperintah oleh sultan serta 4 negara bagian yang diperintah oleh Yang di Petuan Negeri (gubernur dalam istilah Indonesia). Sembilan kesultanan Malaysia antara lain: Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, dan Trengganu.

Bendera Kesultanan Kedah

Photo :
  • en.wikipedia.org

Kesultanan Kedah merupakan kesultanan paling awal berdiri di Semenanjung Malaya dan juga merupakan kesultanan tertua di dunia, berdiri sekitar tahun 1136 Masehi. Awal kesultanan Kedah awalnya masih berkaitan dengan Hindu dan menjadi kesultanan Islam.

4. Zona waktu berubah delapan kali

Penyesuaian zona waktu pertama yang dilakukan oleh negara Malaysia terjadi di tahun 1932 ketika waktu dimajukan 20 menit untuk memperpanjang siang hari, pada tahu 1941, waktu dipercepat lagi 10 menit, pada tahun 1942 kembali dipercepat dengan mengikuti waktu Tokyo, pada tahun 1945 Malaysia mengembalikan ke waktu yang dipakai pada tahun 1941.

Zona Waktu

Photo :
  • en.wikipedia.org

Akhirnya pada tanggal 1 Januari 1982, seorang tokoh bernama Tun Dr. Mahathir membuat penyesuaian terakhir dengan mendorong waktu maju 30 menit dengan maksud menyelaraskan dengan wilayah Sabah dan Sarawak. Di hari tersebut, Singapura pun juga mengubah waktu mereka dan menyesuaikan dengan Malaysia.

5. Memiliki Program Wajib Militer

Wajib Militer atau dalam bahasa Malaysia pertama kali dimulai pada tahun 60-an. Di era sekarang wajib militer ini dilakukan selama tiga bulan yang sudah dimulai pada sejak 2003. Tetapi percobaan pertama Malaysia diberlakukan wajib militer sudah terjadi di tahun 1962, konfrontasi Indonesia yang membuat pemerintah Malaysia mendorong pemuda berusia 21 – 28 tahun untuk mengikuti pelatihan militer selama dua tahun.

6. Bundaran Jalan terbesar di Dunia ada di Malaysia

Malaysia memiliki bundaran jalan terbesar di dunia. Bundaran tersebut dengan nama Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah Persia di Putra jaya dengan diameter 3,5 km.

7. Memiliki Gua Bawah Tanah Terbesar di Dunia

Malaysia memiliki gua bawah tanah terbesar di dunia yang terletak di Taman Nasional Gunung Mulu di wilayah Sarawak. Gua bawah tanah ini dapat memuat dua puluh pesawat jet Boeing 747 yang dapat terparkir dari memenuhi gua.

8. Menara Tertinggi Petronas

Malaysia memiliki menara yang bernama menara Petronas dan sempat menjadi menara tertinggi di dunia dari tahun 1998-2004.

9. Wisata Medis

Malaysia memiliki beragam rumah sakit yang memiliki fasilitas sangat bagus, karena hal tersebut banyak juga masyarakat Indonesia yang memilih untuk berobat ke rumah sakit di Malaysia dalam menyembuhkan penyakitnya.

Pertimbangan lain mengapa Malaysia menjadi wisata Media karena begitu lengkap informasi mulai dari prosedur, daftar rumah sakit, serta rincian biaya pengobatan. Biaya operasi di Malaysia termasuk murah juga, seperti operasi jantung yang hanya memakan biaya USD 9.000, operasi yang sama dengan kualitas setara jika di Amerika Serikat membutuhkan biaya hingga USD 130.000.

10. Hukum Cambuk

Kamu pasti pernah mendengar hukum cambuk juga di salah satu wilayah Indonesia yaitu Aceh, ternyata di Malaysia pun juga menerapkan hukuman ini. Hukum cambuk yang menggunakan rotan ini masuk ke dalam hukum utama yang ada di undang-undang dan dapat dilakukan paling banyak sejumlah 24 kali cambukan.

Menarik sekali ulasan kali ini mengenai negara yang sering berselisih dengan Indonesia. Walaupun sering berselisih, tetap terus jaga perdamaian ya, karena kita serumpun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya