Jet-jet Siluman Tiongkok Seliweran di Laut China Selatan Tantang AS

Pesawat tempur siluman China.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – China telah mengerahkan jet tempur utamanya di laut terdekat untuk menantang armada Amerika Serikat (AS) karena peningkatan keterlibatan militernya di Asia, menurut para analisis.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Pesawat tempur siluman Chengdu J-20 buatan dalam negeri ditempatkan di selatan China untuk misi di laut China Selatan dan China Timur serta di sekitaran Taiwan, kata para ahli dan laporan media dari Asia.

“J-20 telah memulai sesi pelatihan rutin, dan patroli tempur di dua laut,” tulis laporan media Global Times dalam situsnya. Laporan itu mengutip Ren Yukun, kepala tim disiplin, inspeksi dan pengawasan di pesawat domestik. Dia juga merupakan pembuat Aviation Industry Corporation of China, pembuat J-20.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

“Agaknya, ini memberikan sesuatu yang dapat dilakukan dengan AS di Taiwan atau Laut China Timur,” kata Gregory Poling, selaku direktur Inisiatif Transparansi Maritim Asia di Pusat Studi Strategis dan Internasional yang berbasis di Washington.

Melansir dari VOA, Rabu 20 April 2022, pemerintah AS yang secara berkala melewati kapal perang yang disengketakan di Asia telah mengirim dua kelompok kapal induk mereka ke Laut China Selatan pada Januari lalu.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Sekutu AS di Asi-Pasifik yakni Australia, Jepang, dan Korea Selatan telah membeli F-35 dan Singapura serta Thailand mungkin akan mengikuti hal pembelian yang dilakukan AS itu.

Perkembangan dari AS itu mendorong China untuk menerbangkan J-20 mereka, menurut para analisis. Pejabat China menganggap Washington sebagai mantan musuh perang dingin dan sebagai negara adidaya saingan yang ingin menahan ekspansi China ke laut terdekat.

MBS dan Anthony Blinken (Doc: The New Arab)

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Anthony Blinken melakukan perjalanan ke Arab Saudi, pada hari Minggu, 28 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024