15 Fakta Paling Tidak Berguna di Dunia yang Perlu Kamu Tahu

Happy birthday
Sumber :
  • greetingisland.com

VIVA – Ada begitu banyak fakta di dunia ini yang menarik untuk diketahui, namun tahukah Anda ternyata ada fakta selain itu yang perlu Anda ketahui. Fakta paling tidak berguna salah satunya, yang mungkin terlihat aneh dan tidak perlu untuk Anda mengetahuinya.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Tapi rasanya meskipun tidak penting untuk diketahui, sepertinya menarik untuk dikenali. Dari jenis musik yang dapat mengusir nyamuk hingga makanan mengejutkan yang dapat Anda ubah menjadi berlian, Anda akan senang mempelajari fakta- fakta yang tidak berguna di pembahasan kali ini.

Ilustrasi kancing kemeja

Photo :
Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Sekarang, kami menantang Anda untuk mencoba menemukan alasan untuk menggunakannya! Berikut ini akan kami bagikan 15 fakta paling tidak berguna di dunia yang perlu untuk kamu ketahui. Kira-kira apa saja? 

1. Tidak ada angka dari 1 hingga 999 yang menyertakan huruf "a" dalam bentuk kata.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Kecuali Anda tinggal di Inggris Raya di mana tepat untuk menulis 101 sebagai "seratus satu," tidak ada angka dari 1 hingga 999 yang menyertakan huruf "a" dalam bentuk kata, menurut guru matematika lama Jonathan Garnett-Smith . Satu, dua, tiga, empat, lima, enam... dua puluh, tiga puluh, empat puluh, lima puluh, enam puluh... Anda dapat melanjutkan, tetapi Anda tidak akan menemukan huruf pertama alfabet sampai Anda menekan "seribu."

2. Banyak jeruk sebenarnya berwarna hijau.

Sementara kita berasumsi bahwa semua jeruk berwarna oranye karena namanya, buahnya sering berwarna hijau saat matang, berkat banyak klorofil. 

Di Amerika Selatan dan daerah tropis lainnya, jeruk berwarna hijau sepanjang tahun. Tapi di AS, di mana lebih dingin, jeruk kehilangan klorofilnya dan mengambil warna yang sesuai dengan namanya. 

Dan karena pembeli Amerika Utara terbiasa dengan jeruk yang sebenarnya berwarna oranye, buah impor terkena gas etilen atau disemprot dengan air dingin untuk menghilangkan klorofil.


3. Sisi yang berlawanan dari sebuah dadu akan selalu berjumlah tujuh.

Jika Anda perhatikan, Anda akan melihat bahwa satu dan enam berada di sisi berlawanan dari kubus (1+6=7), seperti dua dan lima (2+5=7), dan tiga dan empat (3+4 =7). Dan jika Anda ingin lebih memahami fakta yang menakjubkan namun tidak berguna ini,  The Guardian  menawarkan penjelasan yang lebih dalam.

4. Anda 13,8 persen lebih mungkin meninggal pada hari ulang tahun Anda.

Menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Epidemiology , manusia 13,8 persen lebih mungkin meninggal pada hari ulang tahun mereka daripada pada hari lain dalam setahun. Itu menurut statistik kematian Swiss dari tahun 1969 hingga 2008. Kami harus mengatakan, penelitian itu (tidak wajar) menarik!


5. Memutar musik dansa dapat membantu mengusir nyamuk.

Memainkan musik dansa elektronik (EDM) bisa menjadi hal yang Anda butuhkan untuk menakuti nyamuk-nyamuk sial itu di musim panas. Menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Acta Topica , lagu Skrillex "Scary Monsters and Nice Sprites" menggabungkan "frekuensi sangat tinggi dan sangat rendah" serta "kenyaringan yang berlebihan dan nada yang terus meningkat" yang mencegah nyamuk demam kuning menggigit. korban dan kawin.

6. The King of Hearts adalah satu-satunya raja di setumpuk kartu tanpa kumis.

Ada empat raja di setiap dek kartu. Dan meskipun mereka semua terlihat mirip, Raja Hati adalah satu-satunya anggota kerajaan yang tidak memiliki kumis. Menurut The Guardian , yang disebut "raja bunuh diri" (yang mendapatkan namanya karena sepertinya dia menikam kepalanya sendiri dengan pedang) tidak selalu berwajah telanjang. Dia keliru kehilangan rambut wajahnya dalam desain ulang.

7. "Dreamt" adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang diakhiri dengan "mt."

Bahasa Inggris penuh dengan keistimewaan, dan kata "dreamt" adalah salah satunya. Menurut Kamus Oxford , "dreamt" (dan variasinya, seperti "undreamt") adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang diakhiri dengan huruf "mt."

8. Kancing logam pada jeans Anda memiliki nama dan tujuan.

Lain kali Anda mengenakan celana jins, lihat sakunya. Apakah Anda melihat kancing logam kecil di sudut-sudutnya? Mereka tidak hanya ada di sana untuk menambahkan beberapa pizzazz ekstra ke celana Anda; mereka sebenarnya memiliki tujuan . Paku keling ini , menurut  Levi Strauss & Co. , ditempatkan di tempat tertentu untuk menambah dukungan ekstra di mana denim lebih mungkin aus dan robek.


9. Seorang pria Yunani-Kanada menemukan pizza "Hawaii".

Akan selalu ada perdebatan sengit mengenai apakah nanas memiliki tempat di pizza atau tidak, tetapi tidak ada pertanyaan tentang dari mana pizza Hawaii berasal: Chatham, Ontario, Kanada! Pemilik restoran Sam Panopoulos lahir di Yunani tetapi pindah ke Kanada ketika dia berusia 20 tahun. Dan pada tahun 1962, pengusaha memutuskan untuk meletakkan nanas di atas pizza.

Panopoulos, yang meninggal pada tahun 2017, pernah mengatakan kepada BBC , "Kami hanya memakainya, hanya untuk bersenang-senang, lihat bagaimana rasanya. Kami masih muda dalam bisnis ini dan kami melakukan banyak eksperimen. " Nama itu rupanya berasal dari merek nanas kalengan yang digunakan Panopoulos pada hari yang menentukan saat ia menemukan pizza Hawaii.

10. Jika Anda membuka mata di ruangan yang gelap gulita, warna yang akan Anda lihat disebut "eigengrau."

Pergilah ke ruangan paling gelap yang bisa Anda temukan, di mana tidak ada cahaya sama sekali, dan habiskan beberapa menit dengan mata tertutup. Kemudian, buka dan lihat sekeliling. Meskipun Anda mengharapkan untuk menatap ke dalam kegelapan, Anda akan benar-benar melihat bahwa Anda melihat semacam bayangan abu-abu gelap. Dan warna itu memiliki nama: Ini disebut " eigengrau ."

11. Kucing tidak bisa merasakan sesuatu yang manis karena kelainan genetik.

Kucing bisa melompat sangat tinggi , menyelinap melalui ruang yang paling sempit, dan tampaknya memiliki sembilan nyawa. Tapi ada satu hal yang tidak bisa mereka lakukan: mencicipi hal-hal yang manis. Menurut artikel tahun 2007 di  Scientific American , tidak seperti mamalia lain, kucing tidak dapat merasakan rasa manis karena fakta bahwa mereka "kekurangan 247 pasangan basa asam amino yang membentuk DNA dari gen Tas1r2 . bukan kode untuk protein yang tepat ... dan itu tidak mengizinkan kucing untuk mencicipi manisan."

12. Dimungkinkan untuk mengubah selai kacang menjadi berlian.

Sementara sebagian besar dari kita senang menaburkan selai kacang di antara dua potong roti, ilmuwan Dan Frost dari Bayerisches Geoinstitut di Jerman melakukan sesuatu yang sedikit berbeda dengan selai kacangnya: Dia membuat berlian. Frost mempelajari kondisi mantel bumi dan menemukan cara untuk menirunya di labnya. Menurut BBC , tekanan tinggi dari mantel dapat melepaskan oksigen dari karbon dioksida dan meninggalkan karbon untuk membentuk berlian. Dan karena selai kacang sudah kaya akan karbon, Frost mampu mengubah kebaikan kacang menjadi permata yang berkilau.

13. Sekelompok kuda nil disebut "menggembung".

Jika Anda pernah melihat sekelompok kuda nil, Anda dapat memberi tahu semua orang di sekitar Anda bahwa Anda sedang melihat "kembung". BBC memaparkan cerita di balik kata tersebut, yang berasal dari The Book of St Albans (juga dikenal sebagai The Book of Hawking, Hunting and Blasing of Arms ), yang ditulis oleh Juliana Berners , seorang biarawan Benediktin Inggris abad ke-15. Dia datang dengan beberapa istilah untuk menggambarkan kelompok hewan termasuk "segerombolan lebah" dan "sekawanan angsa."

14. Pogonophobia adalah ketakutan akan janggut.

Anda mungkin tahu cukup banyak pria yang memiliki semacam rambut di wajah. Tetapi jika Anda menderita pogonofobia —takut akan janggut—maka Anda lebih baik menghindarinya. Dan ternyata, ketakutan ini bisa dibenarkan : Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal European Radiology menunjukkan bahwa janggut mengandung jumlah bakteri yang "jauh lebih tinggi" daripada anjing.


15. Alaska adalah satu-satunya negara bagian yang namanya ada di satu baris di papan ketik.

Dengan "A" dan "S" berada di samping satu sama lain di baris tengah keyboard QWERTY standar dan "K" dan "L" di sisi lain dari baris yang sama, Alaska adalah satu-satunya nama negara bagian yang dapat Anda ketik menggunakan satu baris pada keyboard.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya