5 Fakta Kota Baku Azerbaijan, The Next Dubai

Kepulauan Palm
Kepulauan Palm
Sumber :
  • treehugger.com

VIVA – Kota baku Azerbaijan terletak di tepi Laut Kaspia, kota terbesar di wilayah Kaukasus itu meliputi area seluas 830 juta persegi dan memiliki populasi 2.262.600 orang. Kota ini terdiri dari 2 bagian utama, Pusat Kota dan Kota Dalam dan termasuk kota tertua di Timur.

Baku memiliki budaya dan sejarah yang begitu kaya karena memanfaatkan manusia di daerah tersebut berasal dari Zaman Batu. Viva merangkum dari berbagai sumber mengenai fakta tentang Kota Baku yang menarik untuk diketahui sebagai berikut:

1. Kota Terbesar di Laut Kaspia

Kota Shusa, Azerbaijan

Kota Shusa, Azerbaijan

Photo :
  • ANTARA/HO-Kedubes Azerbaijan di Jakarta

Baku adalah kota yang cukup besar di wilayah Kaukasus mencakup area seluas 830 juta persegi dengan populasi lebih dari 2 juta masyarakat.

Hal ini tidak hanya digunakan sebagai kota terbesar di Kaukasus (yang mencakup ibu kota Georgia Tbilisi dan ibu kota Armenia Yerevan), tetapi juga merupakan pusat kota terbesar di tepi Laut Kaspia. Pelabuhan laut kota Baku juga merupakan yang terbesar di Laut Kaspia. Bursa sahamnya merupakan yang terbesar di kawasan ini.

Kota ini juga dikatakan sebagai salah satu kota penghasil industri minyak dengan ladang minyak lepas dan darat terbesar.

2. Memiliki Arsitektur dan Museum Unik

Arsitektur unik hotel di dunia.

Arsitektur unik hotel di dunia.

Photo :
  • http://daftarhotelmewah.blogspot.com/

Kota Baku juga memiliki sejumlah bangunan modern yang merupakan bukti kecintaan nya pada arsitektur yang luar biasa. Adapun, bangunan modern tersebut di antaranya adalah Menara Api (tiga gedung pencakar langit yang dirancang agar terlihat seperti api), Menara Azersu, dan menara SOFAZ.

Selain bangunan modern, di sana juga terdapat Pusat Kebudayaan Heydar Aliyev yang dirancang oleh Zaha Hadid (yang tidak memiliki sudut tajam). Ada pula Museum Karpet Azerbaijan yang dirancang agar terlihat seperti karpet digulung.

3. Memiliki Tower Unik

Flame Towers atau Menara Api adalah trio gedung pencakar langit yang dirancang agar tampak seperti nyala api. Terletak di Baku, menara ini menyimpan sejarah panjang pemujaan api di Azerbaijan.

Flame Towers yang tertinggi memiliki ketinggian 597 kaki atau 182 meter, berisi apartemen tempat tinggal, hotel, dan unit kantor. Pada malam hari, layar LED di menara menampilkan api bergerak yang dapat dilihat dari tepi kota. Menara unik ini telah ditampilkan di film dokumenter Discovery Channel, Extreme Engineering

4. Yannar Dag

Lubang yang mengeluarkan api ditemukan di China

Lubang yang mengeluarkan api ditemukan di China

Photo :
  • YouTube

Yanar Dag adalah api gas alam yang menyala terus menerus. Terletak di dekat Kota Baku, tepatnya di lereng bukit di Semenanjung Absheron. Api dari Yanar Dag berkobar 30 meter di atas tanah.

Tidak seperti gunung lumpur, nyala api Yanar Dag cukup stabil, karena melibatkan rembesan gas yang stabil dari permukaan tanah. Konon, api Yanar Dag baru menyala ketika secara tidak sengaja dinyalakan seorang gembala pada 1950-an.

5. Ibu Kota di Dataran Terendah Dunia

Kota Baku dinobatkan sebagai ibu kota dengan letak geografis terendah di dunia karena berada pada 28 meter di bawah permukaan laut. Letak geografis kota ini pun memengaruhi iklim di sana.

Kota Baku memiliki dua iklim, yaitu musim panas yang kering dan musim dingin yang sejuk dan basah. Nah, demikian fakta-fakta mengenai Kota Baku yang mungkin di masa depan akan menjadi seperti Dubai.