Putin Sakit Jadi Omongan Intel-intel Luar, Begini Cara Rusia Menepis

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Serbia Aleksandar Vucic
Sumber :
  • AP Photo/Darko Vojinovic

VIVA – Presiden Rusia Vladimir Putin diduga bisa meninggal sewaktu-waktu dengan kondisinya yang disebut sedang sakit menurut klaim sebuah laporan yang beredar.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Dalam film dokumenter “Secrets of the Oligarch Wives,” Tatiana Fokina istri Evgeny Chichvarkin menyatakan bahwa Putin bersedia melakukan apa pun dalam perang di Ukraina karena sebenarnya dia diam-diam sedang sakit secara fisik.

Dalam wawancara terpisah yang diterbitkan pada Sabtu 25 Juni 2022, pejabat intelijen alias ‘intel’ Ukraina Mayor Jenderal Kyrylo O. Budanov mengatakan kepada USA Today bahwa sumber di dalam Kremlin mengatakan Putin sedang menderita beberapa kondisi medis. Disebut juga bahwa Putin kemungkinan akan bisa meninggal dalam dua tahun ke depan.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Pada bulan Mei 2022, Budanov juga mengatakan kepada Sky News bahwa Putin menderita kanker. Selain itu dia juga menambahkan bahwa kudeta sedang berlangsung di Kremlin di tengah kondisi psikologis dan fisik yang sangat buruk dari pemimpin Rusia itu.

Melansir dari IBTimes, Selasa 28 Juni 2022, anehnya pejabat intelijen Ukraina tidak memberikan bukti untuk mendukung klaimnya itu. Media-media juga belum bisa mengklarifikasi pasti kondisi Putin sakit.

Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi

Pada bulan-bulan setelah invasi Rusia ke Ukraina, Putin yang akan berusia 70 tahun pada bulan Oktober nanti telah menjadi objek rumor yang mengklaim bahwa dia menderita masalah kesehatan yang serius termasuk kanker dan penyakit Parkinson. Yang terakhir adalah kondisi medis yang menyebabkan gerakan tak terkendali seperti tangan dan kaki gemetar dan kesulitan dengan keseimbangan.

Beberapa klip video yang menunjukkan Putin dengan marah mencengkeram meja untuk mendapatkan dukungan selama pertemuan dengan pejabat Kremlin kemudian juga jadi isu. Sikap Presiden Rusia yang tampaknya berjuang untuk berdiri diam selama upacara penghargaan baru-baru ini juga telah memicu spekulasi tentang kesehatannya.

Terlepas dari klip video dan klaim dari intelijen Ukraina, Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov menolak pertanyaan tentang Putin sakit. Dia juga menambahkan bahwa Presiden Rusia dalam kondisi cukup prima untuk bermain hoki baru-baru ini.

"Yang saya sarankan adalah Anda menonton penampilannya," kata Peskov dalam sebuah wawancara dengan NBC News soal kesehatan Putin.

"Bayangkan saja apakah pria yang tidak sehat bisa melakukan seperti itu," lanjutnya.

Putin sendiri juga menepis gosip itu sebagai kabar tidak benar saat berbicara di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg pada pertengahan Juni 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya