Ukraina Bantah Zelensky Titip Pesan untuk Putin Lewat Presiden Jokowi

Presiden Volodymyr Zelensky menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kiev
Sumber :
  • Laily Rachev, Indonesian Presidential Palace via AP

VIVA Dunia – Dalam kunjungannya ke Ukraina dan Rusia belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.  Namun pihak Ukraina justru membantah hal tersebut.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Kantor kepresidenan Ukraina mengatakan, jika Presiden Zelensky ingin mengatakan sesuatu kepada presiden Putin maka dia akan melakukannya secara terbuka dan hal itu bisa disampaikan dalam pidato hariannya.

Hal tersebut dilontarkan oleh Sekretaris Pers Kantor Presiden Ukraina Serhii Nikiforov dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita Ukraina, Pravda yang diterbitkan pada Kamis, 30 Juni 2022.

Microsoft Tak Bakal Nyesel Investasi di Indonesia, Luhut: Saya Janji

Baca juga: Militer Rusia Disebut Targetkan Warga Sipil, 4.731 Dilaporkan Tewas

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar Ukraina dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus pembicaraan antara presiden (Indonesia dan Ukraina) di Kiev,” kata Serhii Nikiforov dikutip dari Ex Bullet In, Senin 4 Juli 2022.

Qodari Sebut Jokowi dan Prabowo sebagai Dwitunggal: Tidak Bisa Dipecah Belah

Nikiforov mengatakan Rusia karena itu bertanggung jawab penuh atas terganggunya ekspor gandum dari Ukraina ke Indonesia, serta bagian dunia lainnya.

“Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang mungkin timbul karena pelabuhan Ukraina yang diblokir,” kata Nikiforov.

Menurutnya, hal tersebut sudah dibahas secara detail oleh presiden Zelensky dengan Presiden Jokowi di Kiev.

“Pesan apa pun, jika presiden Ukraina ingin berbicara dengan seseorang, dia melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” kata Nikiforov.

Sebelumnya usai pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni 2022, Presiden Indonesia Jokowi mengaku telah menyampaikan pesan dari Zelensky kepada Putin.

Pada 29 Juni 2022, Presiden Indonesia tiba di Ukraina dan mengunjungi kota Irpin yang dihancurkan oleh pasukan pendudukan Rusia. Presiden Jokowi juga mengatakan memiliki pesan untuk Zelensky dan akan segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Joko Widodo secara pribadi juga mengundang Zelensky untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November 2022. Menanggapi hal itu, Zelensky mengatakan kehadirannya di KTT akan tergantung pada situasi keamanan di Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya