Para Pemimpin Dunia Terkejut dan Prihatin Atas Penembakan Shinzo Abe

Mantan PM Jepang Shinzo Abe
Sumber :
  • AP Photo/Shizuo Kambayashi

VIVA Dunia – Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe berada dalam kondisi kritis setelah dia ditembak saat memberikan pidato kampanye di Jepang barat sekitar pukul 11.30, pada Jumat, 8 Juli 2022. Dia ditembak di bagian dada dan leher, dan polisi berhasil membekuk seorang tersangka pria di tempat kejadian.

Ucapkan Selamat Tinggal, Legenda Skating Jepang Shoma Uno Umumkan Pensiun

Melansir dari The Guardian, Jumat 8 Juli 2022, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan dia berdoa agar Abe selamat dan mengutuk penembakan itu sebagai aksi biadab dan jahat.

Warga Jepang menonton laporan berita Shinzo Abe ditembak.

Photo :
  • Kyodo News via AP.
Honda Freed Generasi Terbaru Diperkenalkan, Ada Varian Hybrid

Tragedi penembakan Shinzo Abe telah mengejutkan dunia. Sejumlah pemimpin dunia mengutuk tindakan itu dan mengungkapkan keprihatinan mereka atas apa yang terjadi pada Shinzo Abe.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, menyatakan keprihatinannya atas kondisi Shinzo Abe.

Tumbuh 5,11 Persen, Ekonomi RI Kuartal I-2024 Lebih Tinggi Dibanding Negara-negara Ini

"Saya harus mengatakan sebelum pertemuan kami, betapa berduka dan khawatirnya kami atas berita yang datang dari Jepang terkait percobaan pembunuhan Perdana Menteri Abe. Kami tidak mengetahui kondisinya, kami tahu bahwa ia telah ditembak dan pikiran doa kami menyertainya dan keluarganya, serta bersama masyarakat Jepang. Ini adalah momen yang sangat, sangat sedih dan kami menantikan kabar dari Jepang."

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, yang akan segera mengundurkan diri, mengecam penembakan Shinzo Abe. Dia mengambarkan tindakan itu "keji". "Sangat terkejut dan sedih mendengar tentang serangan keji terhadap Shinzo Abe. Pikiran saya bersama keluarga dan orang-orang terkasihnya."

Pimpinan Taiwan Tsai Ing-Wen dalam unggahan di Facebook mengaku sangat terkejut dengan insiden penembakan Shinzo Abe. "Saya yakin semua orang sama terkejut dan sedihnya seperti saya. Taiwan dan Jepang demokratis dengan supremasi hukum. Atas nama administrasi saya, saya mengutuk keras tindakan kekerasan dan ilegal."

"Mantan Perdana Menteri Abe bukan hanya teman baik saya, tetapi juga teman setia Taiwan. Dia telah mendukung Taiwan selama bertahun-tahun dan berusaha keras untuk mempromosikan kemajuan hubungan Taiwan-Jepang."

Pasien diduga Shinzo Abe usai tertembak di Kashihara, Nara diangkut helikopter

Photo :
  • Kyodo News via AP

Media Jepang sebelumnya melaporkan bahwa Abe tampaknya tidak memiliki tanda-tanda vital, mengutip komentar dari pemadam kebakaran setempat. Perdana Menteri Kishida mengatakan motivasi tersangka masih tidak jelas.

Menurut laporan media Jepang, tersangka bernama Tetsuya Yamagami telah menjadi anggota pasukan pertahanan diri maritim selama sekitar tiga tahun, sampai sekitar tahun 2005. Oleh karena itu tak mengejutkan apabila dia familiar dengan senjata api dan pembuatan senjata.

Dia mengatakan kepada polisi bahwa dia frustrasi dengan Abe dan berniat membunuhnya, menurut penyiar nasional NHK.

Laporan media mengutip polisi yang mengatakan bahwa senjata yang diduga digunakan dalam serangan itu adalah buatan sendiri, karena Jepang memiliki toleransi nol kepemilikan senjata api dan tingkat kejahatan senjata yang sangat rendah di negara itu.

Abe saat insiden tersebut berada di kota Nara untuk memberikan pidato kampanye menjelang pemilihan majelis tinggi pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang.

Rekaman siaran televisi publik NHK menunjukkan Abe pingsan di jalan, dengan beberapa penjaga keamanan berlari ke arahnya.

Perdana Menteri Kishida mengatakan belum ada keputusan yang dibuat mengenai jadwal pemilihan yang akan datang, tetapi dia meminta semua anggota kabinet untuk kembali ke Tokyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya