Kebakaran Hutan Menjalari Eropa Barat, Neraka Kata Satuan Pemadam

Kebakaran hutan mengerikan di wilayah Gironde, Prancis, Juli 2022
Sumber :
  • SDIS 33 via AP

VIVA Dunia – Wilayah Eropa Barat diterjang gelombang panas yang memecahkan rekor. Sanking panasnya negara-negara di wilayah itu merasakan bak terpanggang. Panasnya suhu udara juga memicu kebakaran hutan besar di sejumlah wilayah seperti di Prancis dan di Spanyol.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Sementara Inggris misalnya kini bertemperatur hingga 40 derajat Celcius atau 104F pada awalnya. Jerman juga merasakan panas yang sangat tinggi. Bahkan di Portugal kematian dicatat akibat panasnya suhu udara, dilansir dari BBC.com, Rabu 20 Juli 2022.

Kebakaran hutan besar yang ganas merembet luas juga bak akan menyapu wilayah sebagian benua itu. Badan Meteorologi PBB (WMO) mengeluarkan peringatan bahwa kondisi terburuk masih akan terjadi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Kebakaran hutan di Spanyol dan Eropa akibat gelombang panas amat tinggi

Photo :
  • AP Photo/Emilio Fraile)

Gelombang panas terjadi lebih sering dan bisa menyebabkan bahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

"Pada masa depan panas seperni ini bisa saja akan menjadi dianggap normal dan kita bahkan bisa melihat ekstem lebih parah," kata Kepala WMO Peterri Taalas.

Sementara itu mengingat suhu yang semakin naik di Inggris, sejumlah satuan pemadam kebakaran terus bersiaga dan mulai memadamkan kobaran api yang mulai muncul. Api bahkan muncul di Wennington bagian timur London dan membakar rumah penduduk. Akibatnya penduduk di sana harus dievakuasi. Setidaknya 8 rumah dan bangunan gereja lokal rusak akibat terbakar. Para pemadam menggambarkannya sebagai pemandangan neraka.

Kebakaran hutan Juli 20222 di Prancis

Photo :
  • SDIS 33 via AP

Di Prancis, pada awal pekan dicatat ada 64 daerah yang diprediksi memiliki suhu udara tertinggi. Bagian barat daya Prancis juga sudah mengalami kebakaran hutan besar yang apinya menjalar cepat seperti di wilayah Gironde.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya