Makin Memanas, China Gelar Latihan Militer di Perairan Taiwan

VIVA Militer: Jet tempur Shenyang J-15 Angkatan Laut China (PLAN)
Sumber :
  • South China Morning Post (SCMP)

VIVA – Militer China dalam siaga tinggi, dan akan meluncurkan serangkaian tindakan militer yang ditargetkan sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi di Taiwan. Beijing mengumumkan rencana untuk serangkaian latihan militer di perairan sekitar pulau Taiwan, yang akan dimulai pada Rabu 3 Agustus 2022.

Polisi China Bisa Geledah HP dan Laptop Warga Berdasarkan Peraturan Baru

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan lebih dari 21 pesawat militer China telah terbang pada hari Selasa ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu, area yang lebih luas dari wilayah udara teritorialnya yang tumpang tindih dengan bagian dari zona pertahanan udara China sendiri.

Duta Besar China untuk Indonesia, Xie Feng

Photo :
  • VIVA.co.id/Chandra G. Asmara
Dealer-dealer BYD Sering Kebakaran sejak 2021, karena Mobil Listrik?

China memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS), di Beijing, pada Selasa, 2 Agustus 2022, untuk menyuarakan protes keras atas kunjungan Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang demokratis, yang dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya. 

"Langkah ini sangat mengerikan dan konsekuensinya sangat serius. China tidak akan tinggal diam," kata Xie, dikutip dari NDTV, Rabu, 3 Agustus 2022.

Afgan Pukau Ribuan Penonton di Pavilion Taiwan Excellence, Intip Keseruannya

"Taiwan adalah Taiwan-nya China, dan Taiwan pada akhirnya akan kembali ke pelukan ibu pertiwi. Orang-orang China tidak takut pada hantu, tekanan, dan kejahatan," ujar Xie kepada Burns.

Nancy Pelosi di gedung parlemen Taiwan

Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, tiba di gedung parlemen Taiwan dan dijadwalkan akan bertemu dengan wakil Ketua DPR Taiwan, Rabu 3 Agustus 2022. 

"Kami datang dalam persahabatan ke Taiwan. Kami datang dalam damai ke kawasan," kata Pelosi dilansir dari Aljazeera, Rabu 3 Agustus 2022.

Pelosi tiba ke Taiwan Selasa malam 2 Agustus 2022, menunjukkan perlawanannya terhadap intimidasi China. Beijing sebelumnya telah mengeluarkan ancaman bahwa kedatangan Pelosi sebagai "sangat berbahaya", dan memperingatkan bahwa perjalanan itu merupakan ancaman bagi stabilitas di kawasan itu.  

Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, tiba ke Taiwan, Selasa malam 2 Agustus 2022.

Photo :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Pelosi – pejabat tertinggi AS yang melakukan perjalanan ke Taiwan dalam 25 tahun – tiba di Bandara Songshan di pusat kota Taipei dengan penerbangan dari Malaysia untuk memulai kunjungan yang berisiko mendorong hubungan AS-China ke titik terendah baru. Delegasinya disambut oleh Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, dan Sandra Oudkirk, perwakilan tinggi AS di Taiwan.

Pelosi dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, diikuti dengan makan siang bersama, kata Kantor Presiden Taiwan dilansir dari CNA.

“Kunjungan kami menegaskan kembali bahwa Amerika mendukung Taiwan: demokrasi yang kuat dan dinamis dan mitra penting kami di Indo-Pasifik,” tweet Pelosi di akun Twitternya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya