Snickers Minta Maaf Setelah Sebut Taiwan Sebagai Sebuah Negara

Snickers.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Produsen cokelat Amerika Serikat, Mars Wrigley, meminta maaf setelah sebuah iklan untuk bar Snickers-nya menyebut Taiwan sebagai sebuah negara, yang memicu kemarahan di daratan China. Mars Wrigley kemudian menyatakan bahwa pihaknya "menghormati kedaulatan nasional China". 

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Video dan gambar menunjukkan situs web Snickers mempromosikan bar Snickers edisi terbatas, mengatakan produk itu hanya tersedia di "negara" Korea Selatan, Malaysia dan Taiwan. Iklan yang menampilkan boyband Korea Selatan BTS itu memicu kemarahan di platform microblogging China Weibo pada Jumat 5 Agustus 2022.

Peta Selat Taiwan.

Photo :
  • ANTARA FOTO
Honda Vario 125 Versi Gambot Resmi Meluncur, Segini Harganya

Dilansir dari CNA, Minggu 7 Agustus 2022, Mars Wrigley kemudian menuliskan permintaan maaf di akun Weibo Snickers China, dan mengatakan konten yang relevan telah diubah.

"Kami mengetahui laporan tentang kegiatan terkait Snickers di wilayah tertentu di Asia, menanggapi ini dengan sangat serius dan menyampaikan permintaan maaf kami yang mendalam," kata perusahaan itu.

Jenderal Kopassus di Balik Operasi Rebut Homeyo, Refly Harun Bungkam Irma Nasdem

"Mars Wrigley menghormati kedaulatan nasional dan integritas teritorial China dan menjalankan operasi bisnisnya dengan mematuhi undang-undang dan peraturan lokal China."

Hanya ada satu China

Beberapa jam setelah pernyataan pertama, Snickers China membagikan postingan Weibo lainnya yang menambahkan bahwa "hanya ada satu China di dunia ini, dan Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah China".

Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya.

Kecaman atas iklan Snickers muncul, di tengah ketegangan antara Taiwan dan daratan China setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS, Nancy Pelosi, mengunjungi pulau itu pada hari Selasa lalu. Keunjungan Pelosi telah memicu kemarahan China.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi memberi salam pada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Photo :
  • Taiwan Presidential Office via AP

Beijing mengumumkan latihan menembak langsung yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar pulau Taiwan dan memberi sanksi larangan impor produk Taiwan. China juga mengatakan pihaknya mengakhiri kerja sama dengan Amerika Serikat pada isu-isu utama termasuk perubahan iklim.

Mars Wrigley jauh dari perusahaan internasional pertama yang mengeluarkan permintaan maaf atas kekhawatiran kehilangan akses ke pasar konsumen China yang besar.

Pada 2019, merek mewah Prancis Dior meminta maaf setelah menggunakan peta China dalam presentasi yang tidak menyertakan Taiwan. Situs web jaringan hotel Marriott di China ditutup oleh pihak berwenang selama seminggu pada tahun 2018 setelah kuesioner pelanggan mencantumkan Taiwan, Tibet, dan Hong Kong sebagai negara yang terpisah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya