Walau Kena Semprot China, Australia Tetap Desak Turunkan Ketegangan

Jet F-16 Taiwan terbang menghalau pesawat bomber H-6 China pada 10 Februari 2020
Jet F-16 Taiwan terbang menghalau pesawat bomber H-6 China pada 10 Februari 2020
Sumber :
  • Kementerian Pertahanan Taiwan

VIVA Dunia – Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Penny Wong pada Senin, 8 Agustus 2022 menyerukan meredakan ketegangan setelah Beijing menuduhnya cari perhatian karena mengkritik latihan militer China sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Wong mengkritik peluncuran rudal balistik China selama latihan udara dan laut yang sedang berlangsung di sekitar Taiwan yang diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayahnya.

Australia juga menandatangani pernyataan bersama dengan AS dan Jepang pada Sabtu, 6 Agustus 2022 yang mengutuk penembakan rudal ke zona ekonomi eksklusif Jepang dan menuduh China meningkatkan ketegangan dan mengacaukan kawasan.

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong

Photo :
  • Kemlu Malaysia/Huzaini Mat Hussin/HO via Reuters/a

Kedutaan Besar (Kedubes) China di Australia menjawab pernyataan trilateral tersebut.

“Sama sekali tidak dapat diterima untuk menuding tindakan China yang dibenarkan untuk menjaga kedaulatan negara dan integritas teritorial," kata Kedubes China dikutip dari The Independent, Rabu, 10 Agustus 2022.

Kedubes China kemudian menuduh Australia melakukan penawaran dengan AS yang digambarkan China sebagai penyabot terbesar dan pengganggu perdamaian di Selat Taiwan dan pembuat onar terbesar bagi stabilitas regional.