Presiden Korsel Minta Maaf Kepada Warga yang Terdampak Banjir di Seoul

Presiden terpilih Korea Selatan, Yoon Suk Yeol.
Presiden terpilih Korea Selatan, Yoon Suk Yeol.
Sumber :
  • Kim Hong-ji/Pool Photo via AP

VIVA Dunia – Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, meminta maaf kepada rakyatnya yang terdampak banjir, pada Rabu 10 Agustus 2022, atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh hujan lebat yang memporak-porandakan ibu kota Seoul minggu ini.

Yoon menyampaikan permintaan maaf dalam pertemuan pemerintah tentang tanggapan terhadap banjir di Seoul dan sekitarnya, yang menewaskan sembilan orang dan tujuh orang hilang.

"Saya berdoa untuk para korban dan meminta maaf atas nama pemerintah kepada orang-orang yang menderita ketidaknyamanan," katanya, dikutip dari The Korea Times, Rabu, 10 Agustus 2022.

Banjir melanda ibu kota Seoul, Korea Selatan.

Banjir melanda ibu kota Seoul, Korea Selatan.

Photo :
  • Yonhap

Pada pertemuan pemerintah terpisah sebelumnya, Yoon menginstruksikan pejabat untuk memastikan yang lemah dan rentan dilindungi dari kerusakan akibat rekor curah hujan yang terjadi. "Mereka yang berjuang secara finansial atau dengan kesulitan fisik pasti lebih rentan terhadap bencana alam."

Yoon mencatat bahwa negara itu aman hanya jika orang-orang tersebut aman.

“Saya berharap anda akan aktif bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melihat lebih dekat apakah ada kelompok rentan yang tidak dapat berbuat apa-apa, meskipun menderita kerusakan akibat hujan lebat, dan memastikan mereka dapat segera kembali ke kehidupan sehari-hari,” ujarnya.