Presiden Sri Lanka yang Digulingkan Tiba di Thailand Cari Proteksi

Presiden Gotabaya Rajapaksa yang digulingkan di Bandara Don Mueaung, Thailand
Presiden Gotabaya Rajapaksa yang digulingkan di Bandara Don Mueaung, Thailand
Sumber :
  • AP Photo/Tananchai Keawsowattana

VIVA Dunia – Presiden Sri Lanka yang digulingkan Gotabaya Rajapaksa tiba di Thailand pada Kamis, 11 Agustus 2022. Di sana dia akan mencari perlindungan sementara di negara kedua di Asia Tenggara tujuannya setelah melarikan diri dari negara kepulauannya bulan lalu di tengah protes massal.

Rajapaksa tiba di Bandara Don Mueang Bangkok dengan pesawat sewaan dari Singapura setelah Otoritas Imigrasi & Pos Pemeriksaan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis bahwa ia telah meninggalkan Singapura.

Melansir dari Channel News Asia, Jumat 12 Agustus 2022, Rajapaksa diperkirakan akan tinggal sementara di Thailand setelah melarikan diri dari Sri Lanka ke Singapura pada 14 Juli 2022.

Wajah Gotabaya Rajapaksa dan saudaranya Basil di poster protes rakyat Sri Lanka

Wajah Gotabaya Rajapaksa dan saudaranya Basil di poster protes rakyat Sri Lanka

Photo :
  • AP Photo/Eranga Jayawardena

Dia mengundurkan diri dari jabatannya tak lama setelah kerusuhan atas penanganan pemerintahnya terhadap krisis ekonomi terburuk dalam tujuh dekade.

Pihak berwenang Thailand mengatakan bahwa mantan perwira militer itu, yang merupakan mantan kepala negara Sri Lanka tidak berniat mencari suaka politik dan hanya akan tinggal sementara.

"Ini adalah masalah kemanusiaan dan ada kesepakatan bahwa ini adalah tempat tinggal sementara," kata Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha kepada wartawan, Rabu, 10 Agustus 2022.