Dampak Mengerikan Banjir Bandang yang Menerjang Pakistan

Pakistan darurat banjir, Agustus 2022
Sumber :
  • AP Photo/Zahid Hussain

VIVA Dunia – Banjir bandang yang dipicu oleh hujan monsun lebat di sebagian besar wilayah Pakistan telah memaksa ribuan orang mengungsi dari rumah mereka, sementara jumlah korban tewas akibat bencana yang sedang berlangsung melewati 1.000, kata para pejabat.

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan melaporkan, bahwa ada jumlah korban tewas mencapai 1.033 orang setelah kematian baru dilaporkan di Khyber Pakhtunkhwa dan provinsi Sindh selatan.

Jumlah korban tewas yang diperbarui datang dua hari setelah Perdana Menteri Shahbaz Sharif meminta bantuan internasional untuk memerangi kerusakan akibat banjir yang mematikan di negara Islam yang miskin itu.

Sempat Tegang, Presiden Iran Baru Saja Tiba di Pakistan untuk Hal Ini

Banjir bandang di Pakistan

Photo :

Musim hujan, yang dimulai lebih awal dari biasanya tahun ini, telah melanda Pakistan dengan hujan lebat, dan tim penyelamat telah berjuang untuk mengevakuasi ribuan orang dari daerah yang dilanda banjir. Dari adanya banjir bandang yang terjadi di Pakistan, terdapat beberapa dampak yang dialami oleh warga setempat, melansir dari abc.net.au. 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Krisis telah memaksa pemerintah untuk menyatakan keadaan darurat. Sherry Rehman, seorang senator Pakistan dan pejabat tinggi iklim negara itu, mengatakan dalam sebuah video yang diposting di Twitter bahwa Pakistan sedang mengalami “bencana iklim yang serius, salah satu yang paling sulit dalam dekade ini”.

"Kami saat ini berada di titik nol dari garis depan peristiwa cuaca ekstrem, dalam gelombang gelombang panas yang tak henti-hentinya, kebakaran hutan, banjir bandang, beberapa ledakan danau glasial, peristiwa banjir, dan sekarang monsun monster dekade ini sedang melanda tanpa henti dan membuat kekacauan di seluruh negeri," katanya.

Banjir dari Sungai Swat semalam memengaruhi provinsi Khyber Pakhtunkhwa barat laut, di mana puluhan ribu orang - terutama di distrik Charsadda dan Nowshehra - telah dievakuasi dari rumah mereka ke kamp-kamp bantuan yang didirikan di gedung-gedung pemerintah.

Banyak juga yang berlindung di pinggir jalan, kata Kamran Bangash, juru bicara pemerintah provinsi. Bangash mengatakan sekitar 180.000 orang telah dievakuasi dari Charsadda dan 150.000 dari desa distrik Nowshehra.

Di distrik Nowshera, administrator lokal Quratul Ain Wazir mengatakan jalan-jalan terendam sebelum air banjir yang deras menuju ke daerah dataran rendah.

"Pemerintahan kami telah mengevakuasi banyak orang dan membawa orang lain ke kamp-kamp bantuan di mana pemerintah menyediakan tempat tidur dan makanan di gedung-gedung yang aman," katanya.

"Kami akan menggunakan polisi untuk memaksa mereka yang ragu-ragu meninggalkan rumah mereka."

Khushal Wahab, yang tinggal di lingkungan yang terendam di Nowshera, mengatakan warga mengingat bencana banjir yang terjadi tahun 2010 dan banyak yang mengungsi karena takut akan bahaya yang sama.

Banjir bandang di Pakistan

Photo :

Pemerintah akan luncurkan himbauan banjir

Perdana Menteri Pakistan Muhammad Shehbaz Sharif pada hari Sabtu mengunjungi wilayah yang dilanda banjir di negaranya dan meminta orang kaya untuk membantu para korban di daerah miskin.

"Saya mengimbau kemarin, dan hari ini, kepada semua orang kaya yang telah diberkati Tuhan dengan kekayaan ... untuk maju dan memegang tangan umat manusia yang menderita di masa sulit ini," katanya.

"Hari ini, saya di sini di Sujawal dan saya melihat bagaimana orang-orang tinggal di tenda-tenda di sini."

Menteri Penerangan Maryam Aurangzeb mengatakan tentara dan organisasi penyelamat membantu orang-orang untuk mencapai keselamatan di banyak distrik di Sindh selatan, Khyber Pakhtunkhwa barat laut, Punjab timur dan provinsi Baluchistan barat daya.

"Pemerintah telah memberikan dana yang cukup untuk memberi kompensasi finansial kepada orang-orang yang terkena dampak dan kami tidak akan membiarkan orang-orang kami sendirian di masa sulit ini," katanya.

Aurangzeb meminta orang-orang kaya dan organisasi bantuan untuk maju dengan bantuan untuk membantu warga Pakistan yang terkena dampak banjir.

Menanggapi seruan Sharif untuk bantuan internasional, Perserikatan Bangsa-Bangsa merencanakan banding kilat $ 160 juta ($ 232 juta) untuk sumbangan, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Asim Iftikhar.Dia mengatakan dalam pengarahan mingguannya pada hari Jumat, banding akan diluncurkan pada 30 Agustus.

Tidak ada listrik, gas atau komunikasi

Lembah Kalam yang indah di provinsi Khyber Pakhtunkhwa adalah salah satu daerah yang paling terpengaruh oleh hujan dan banjir. Air dari sungai yang meluap telah menyapu seluruh bangunan, termasuk hotel ikonik.

"Situasinya cukup serius karena kami tidak memiliki jaringan jalan yang tersisa dengan provinsi lainnya, kami tidak memiliki jaringan listrik, gas dan komunikasi dan tidak ada bantuan yang sampai di sini," kata Muzaffar Khan, yang toko kelontongnya berada. hanyut bersama dengan banyak toko lainnya.

Ribuan orang yang rumahnya hanyut kini tinggal di tenda-tenda, bermil-mil jauhnya dari desa-desa dan kota-kota mereka yang terendam, setelah diselamatkan oleh tentara, pekerja bencana setempat dan sukarelawan, kata pihak berwenang.

Kerusakan memperlambat akses ke bantuan

Di Baluchistan, Asadullah Nasir, juru bicara otoritas penanggulangan bencana provinsi, mengatakan 34 kabupaten di provinsi miskin itu terkena dampak buruk hujan lebat dan banjir.

Dia mengatakan jaringan jalan hancur dan jembatan hanyut dan bantuan hanya mungkin dilakukan dengan mengerahkan helikopter, yang seringkali tidak dapat beroperasi karena cuaca buruk.

Dia mengatakan pejabat provinsi telah mengkonfirmasi 235 kematian tetapi jumlah itu diperkirakan akan meningkat secara signifikan setelah komunikasi dipulihkan.

Pengungsi menunggu bantuan di tempat yang lebih tinggi

banjir bandang di pakistan

Photo :

Di provinsi Punjab timur, distrik Rajan Pur tampaknya menjadi yang paling terpukul bersama dengan distrik Dera Ghazi Khan. Ribuan rumah lumpur dan bata terendam air, sebagian besar hancur total atau setidaknya sebagian hancur.

Warga yang kehilangan tempat tinggal akibat banjir berlindung di tempat yang lebih tinggi, tempat mereka menunggu barang bantuan dan bantuan lainnya. Rahim Hasan, 52, mengatakan dia kehilangan rumah dan dua anaknya - seorang putri dan seorang putra masing-masing berusia 14 dan 16 tahun.

"Saya tidak punya apa-apa lagi dalam hidup. Rumah saya hancur dan anak-anak saya hanyut oleh air yang memancar dan sekarang kami terbaring tak berdaya di jalan di bawah langit terbuka di mana tentara memberi kami makan," katanya.

Hujan muson diperkirakan akan berlanjut minggu ini, terutama di selatan dan barat daya. Musim biasanya berlangsung dari Juli hingga pertengahan September di Pakistan.

Hujan lebat dan banjir bandang berikutnya telah merusak jembatan dan jaringan jalan di seluruh Pakistan, mengganggu pasokan buah dan sayuran ke pasar dan menyebabkan kenaikan harga. Sebagian besar negara tetangga Afghanistan juga dilanda hujan lebat dan banjir.

Mohammad Nasim Haqqani, juru bicara Kementerian Penanggulangan Bencana Nasional negara itu, mengatakan setidaknya tujuh orang tewas di provinsi Nangarhar timur selama 24 jam, dan lebih dari 600 lainnya diselamatkan oleh helikopter Kementerian Pertahanan.

Ketujuh orang itu merupakan tambahan dari 182 kematian yang diumumkan meninggal awal pekan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya