India Luncurkan Kapal Induk Buatan Sendiri

INS Vikrant, India luncurkan kapal induk buatan dalam negeri pertamanya pada Jumat, 2 September 2022.
Sumber :
  • Indian Navy via AP.

VIVA Dunia – India luncurkan kapal induk buatan dalam negeri pertamanya pada Jumat, 2 September 2022, karena berusaha untuk melawan rival regional armada China yang jauh lebih besar dan berkembang, serta memperluas kemampuan pembuatan kapal dalam negerinya sendiri.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

INS Vikrant, yang namanya dalam bahasa Sansekerta berarti "kuat" atau "berani," adalah kapal induk operasional kedua India, yang bergabung dengan INS Vikramaditya era Soviet yang dibeli dari Rusia pada 2004 untuk mempertahankan Samudra Hindia dan Teluk Benggala.

Kapal induk baru ini sepanjang 262 meter (860 kaki), dan dirancang oleh Angkatan Laut India serta dibangun di galangan kapal Cochin di India selatan. Kapal induk baru itu diluncurkan oleh Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi sebagai bagian dari peringatan 75 tahun kemerdekaan negara itu dari kekuasaan Inggris.

List of Countries with the Most Widows

Aksi PM Narendra Modi saat selfie.

Photo :
  • Al Arabiya

Lebih dari sekadar menambah kemampuan angkatan laut India, Modi menekankan pentingnya India sekarang menjadi negara dengan program kapal induk asli. “Ini adalah hari bersejarah dan pencapaian penting,” kata Modi, dikutip dari Defense News, Senin, 5 September 2022.

Knowing the World's Largest Lift: Can Accommodate 235 People Per Trip

“Ini adalah contoh dari dorongan pemerintah untuk menjadikan sektor pertahanan India mandiri.”

Kapal induk itu adalah kapal perang terbesar yang akan dibangun di negara itu, dan dapat membawa sekitar 1.600 awak dan mengoperasikan armada 30 pesawat, termasuk jet tempur dan helikopter, kata Angkatan Laut India.

Lebih dari 75 persen komponen kapal induk baru India dibeli secara lokal, dengan setengah lusin perusahaan industri besar dan lebih dari 100 bisnis kecil menyediakan peralatan dan mesin, menurut Kementerian Pertahanan India.

Kapal perang berbobot 47.400 ton itu akan beroperasi penuh pada akhir 2023, setelah pertama kali menjalani uji coba pendaratan dengan pesawat tempur MiG-29K buatan Rusia dan India. India berencana untuk melengkapi kapal induk dengan lebih dari dua lusin pesawat tempur baru, dengan Rafale-M dari Dassault Prancis dan F/A-18 Block III Super Hornet yang dibangun oleh perusahaan Amerika Boeing, yang saat ini sedang dipertimbangkan.

VIVA Militer: Tank Angkatan Bersenjata India (BSS) di Ladakh

Photo :
  • Swarajya

Sampai saat itu terjadi, India akan bergantung pada pesawat Rusia yang dipinjam dari satu-satunya kapal induk India lainnya, kata Rahul Bedi seorang ahli pertahanan. Dalam beberapa tahun terakhir, China telah memperluas kehadirannya ke Samudra Hindia, Pasifik Barat dan sekitarnya.

Pada bulan Agustus, kapal itu berlayar dengan kapal angkatan laut ke pelabuhan buatan China di Sri Lanka meskipun ada kekhawatiran keamanan dari New Delhi tentang panggilan pelabuhan semacam itu langsung di lepas pantai India sendiri.

Beijing menyebut kapal itu sebagai kapal penelitian, tetapi secara luas diyakini sebagai kapal mata-mata penggunaan ganda yang dikhawatirkan India dapat digunakan untuk mengawasi wilayah tersebut.

Menanggapi kekhawatiran atas meningkatnya ketegasan China, Angkatan Laut India tahun lalu mengirim empat kapal ke Asia Tenggara, Laut China Selatan dan kawasan Indo-Pasifik untuk latihan dengan anggota kelompok negara “Quad” lainnya yakni AS, Jepang dan Australia, menurut Kementerian Pertahanan India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya