Ratu Elizabeth II Wafat, Deretan Presiden AS Memberi Penghormatan

Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • cheatsheet.com

VIVA Dunia – Setiap mantan presiden Amerika masa lalu yang masih hidup memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II, setelah meninggalnya pemimpin kerajaan Inggris terlama di usianya yang ke 96 tahun. Elizabeth meninggal pada hari Kamis, 8 September 2022 di wilayah Skotlandia, tepatnya di Istana Buckingham.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Selama hidupnya, ratu telah bertemu dengan semua kecuali satu presiden Amerika, sejak era kepemimpinan Harry Truman.

Mantan Presiden Trump memuji "pelayanan luar biasa Elizabeth kepada orang-orang," mengatakan dalam sebuah posting di Truth Social, "Semoga Tuhan memberkati Ratu, semoga dia memerintah selamanya di hati kita, dan semoga Tuhan menjaga dia dan Pangeran Philip dalam perawatan yang taat."

Donald Trump Olok-olok Biden: Serangan Iran ke Israel Tak Akan Terjadi Jika Saya Presiden

Media Sosial Milik Donald Trump, Truth Social.

Photo :
  • Gizmodo.com

Presiden ke-45 itu tampaknya memiliki kedekatan khusus dengan ratu, yang dia gambarkan sebagai orang yang dicintai oleh ibunya. Trump menyebut Elizabeth sebagai "wanita luar biasa" menjelang kunjungan 2018 ke Kastil Windsor untuk bertemu dengannya.

Berubah Pikiran, Joe Biden: AS Tak Akan Ikut Bela Israel Jika Kembali Serang Iran

"Betapa agung dan cantiknya dia," kata Trump dalam pernyataan, "tidak ada orang seperti dia!"

Mantan Presiden Obama mengeluarkan tulisan cukup panjang tentang ratu hanya beberapa jam setelah kematiannya diumumkan.

"Michelle dan saya cukup beruntung untuk mengenal Yang Mulia, dan dia sangat berarti bagi kami," kata Obama.

Mantan panglima tertinggi menyoroti pengalaman pribadinya dengan Elizabeth selama kunjungan 2009 ke Inggris.

"Dulu ketika kami baru mulai menavigasi kehidupan sebagai Presiden dan Ibu Negara, dia menyambut kami ke panggung dunia dengan tangan terbuka dan kemurahan hati yang luar biasa," kata Obama.

“Berkali-kali, kami dikejutkan oleh kehangatannya, cara dia membuat orang merasa nyaman, dan bagaimana dia membawa banyak humor dan pesonanya ke saat-saat kemegahan dan keadaan yang luar biasa.”

Obama memuji Elizabeth atas “kepemimpinannya yang berdedikasi”, dengan mengatakan bahwa dia dan mantan ibu negara “terpesona oleh warisan pelayanan publik yang tak kenal lelah dan bermartabat.”

Barack Obama

Photo :

Mantan Presiden Bill Clinton mengatakan dia dan istrinya, mantan menteri luar negeri Hillary Clinton, bergabung dengan orang-orang "di seluruh dunia" dalam "mengucap syukur atas kehidupan (Elizabeth)."

Menyebut ratu sebagai “sumber stabilitas, ketenangan, dan kekuatan,” presiden ke-42 itu mengatakan dia berterima kasih “atas kebaikan yang dia tunjukkan kepada kami selama bertahun-tahun, terutama selama kunjungan kami ke Istana Buckingham pada 1995 dan 2000.”

Mantan Presiden AS George W Bush

Photo :
  • AP Photo/ Thaier al-Sudani, Pool, File

Mantan Presiden George W. Bush mengenang ketika dia dan istrinya Laura Bush menghabiskan waktu di Istana Buckingham, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "minum teh dengan Yang Mulia dan Corgis adalah salah satu kenangan terindah kami tentang kepresidenan."

"Dunia kita diuntungkan dari tekadnya yang mantap, dan kami berterima kasih atas pengabdiannya selama puluhan tahun sebagai penguasa," kata Bush.

Mantan Presiden Jimmy Carter yang berusia sembilan puluh tujuh tahun, yang lahir dua tahun sebelum Elizabeth, mengatakan dia dan istrinya Rosalynn menyampaikan belasungkawa mereka kepada keluarga raja dan warga Inggris.

“Kehormatan, keanggunan, dan rasa kewajibannya telah menjadi inspirasi,” kata Carter tentang Elizabeth dalam sebuah pernyataan, “dan kami bergabung dengan jutaan orang di seluruh dunia yang berduka atas seorang pemimpin yang luar biasa.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya