Apa Saja Untungnya Jadi Warga Negara di Persemakmuran Inggris

Pangeran Charles dan Camilla saat berkunjung ke Brunei Darussalam tahun 2008
Sumber :
  • AP Photo/Rudolf Portillo

VIVA Dunia – Persemakmuran berakar pada masa kolonialisme Inggris selama puncak Kekaisaran Inggris di banyak wilayah dunia pada masa lalu.

5 Hal yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa Sebelum Daftar Universitas di Inggris

Persemakmuran Inggris adalah asosiasi dari 54 bekas wilayah Inggris dan mencakup negara-negara di seluruh dunia baik negara kecil maupun besar.

Acara penutupan pesta olahraga negara-negara persemakmuran Inggris

Photo :
  • AP Photo/Alastair Grant
Fernando WN Australia Gembong Narkoba Buron BNN Licin Sulit Ditangkap Gegera Ini

54 negara tersebut adalah Antigua dan Barbuda, Australia, Bangladesh, Barbados, Belize, Botswana, Brunei, Kamerun, Kanada, Dominika, Kerajaan eSwatini, Fiji, Gambia, Ghana, Grenada, Guyana, India, Jamaika, Kenya, Kiribati, Lesotho, Malawi, Malaysia, Maladewa, Malta, Mauritius, Mozambik, Namibia, Nauru, Selandia Baru, Nigeria, Pakistan, Papua Nugini, Siprus, Rwanda, Samoa, Seychelles, Sierra Leone, Singapura, Kepulauan Solomon, Afrika Selatan, Sri Lanka, St. Christopher dan Nevis, St. Lucia, St. Vincent dan Grenadines, Bahama, Tonga, Trinidad dan Tobago, Tuvalu, Uganda, Inggris Raya, Republik Persatuan Tanzania, Vanuatu, Zambia, dan Zimbabwe.

Mengingat hubungan unik antara 54 negara ini maka perlu memahami manfaat yang dinikmati oleh warga negara Persemakmuran di Inggris.

Kabar Terbaru Raja Charles Setelah Diagnosa Kanker, Kehilangan Indra Perasa

Berikut benefit yang dinikmati dari warga negara Persemakmuran Inggris:


Hak Tinggal di Inggris

Melansir dari Lexology, Rabu, 14 September 2022, hak tempat tinggal memberikan kemampuan untuk tinggal atau bekerja di Inggris bebas dari kontrol imigrasi (seperti halnya pemegang visa).

Mereka tidak memerlukan visa untuk masuk dan tinggal di Inggris, tetapi juga tidak ada batasan waktu yang ditetapkan tentang berapa lama mereka dapat tinggal.

Tidak semua warga negara Persemakmuran memiliki hak untuk tinggal, tetapi banyak yang melakukannya, baik melalui orang tua atau pernikahan mereka.

 
Visa Keturunan Inggris

Beberapa warga negara Persemakmuran juga memenuhi syarat untuk visa leluhur Inggris. Salah satu manfaat nyata dari jenis visa ini adalah pemegang dapat tinggal di Inggris selama lima tahun tanpa harus mengajukan perpanjangan cuti mereka.

Kota London

Photo :
  • MSN Autos

Setelah lima tahun di Inggris, warga negara Persemakmuran kemudian dapat mengajukan permohonan untuk menetap secara permanen di Inggris (disebut sebagai cuti tidak terbatas atau ILR).

 
Perjalanan Bebas Visa

Beberapa, tetapi tidak semua warga negara Persemakmuran dapat bepergian, bekerja, mengunjungi, dan belajar hingga enam bulan di Inggris tanpa perlu mengajukan permohonan visa sebelum tiba.

Penting untuk memeriksa situs web UK Home Office jika anda diharapkan untuk menunjukkan visa untuk masuk pada saat kedatangan di perbatasan Inggris, karena sayangnya, ini tidak konsisten di semua negara Persemakmuran Inggris.


Pengecualian Tes

Manfaat lain yang dinikmati oleh beberapa warga negara Persemakmuran adalah pembebasan dari tes bahasa Inggris saat mengajukan permohonan visa.

Sekali lagi, ini tidak berlaku untuk semua negara Persemakmuran Inggris, tetapi berlaku untuk warga Antigua dan Barbuda, Australia, Bahama, Barbados, Belize, Kanada, Dominika, Grenada, Guyana, Jamaika, Selandia Baru, St Lucia, St Vincent dan  Grenadines, dan Trinidad dan Tobago.

Manfaat bagi warga negara Persemakmuran di Inggris berbeda-beda menurut negara asal dan latar belakang keluarga masing-masing.

Beberapa mungkin mendapat manfaat dari perjalanan bebas visa untuk masa tinggal hingga enam bulan, dan memungkinkan mereka untuk bekerja, bepergian, belajar.

Sementara, ada juga orang lain yang mungkin memiliki hak untuk tinggal atau memenuhi syarat untuk mendapatkan visa leluhur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya