Delegasi Pejabat China Dilarang Masuk Aula Peti Mati Ratu Elizabeth

Jenazah Ratu Elizabeth II berada di Westminster Hall selama 4 hari
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia, Pool

VIVA Dunia – Delegasi pejabat China dilaporkan telah dilarang mengunjungi aula di Parlemen tempat Ratu Elizabeth II terbaring. Pertengkaran terjadi ketika pemerintah mengatakan untuk sementara menghentikan orang-orang bergabung dalam barisan untuk melewati peti mati ratu, karena antrean yang berada di belakang mencapai 14 jam. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pada Jumat pagi 16 September 2022, antrean pelayat membentang sejauh 8 km dari Parlemen ke Southwark Park di London selatan dan kemudian di sekitar taman. Pemerintah mengatakan taman itu sekarang penuh dan jalur ke antrian sedang "dihentikan" setidaknya selama enam jam.

Insiden ini membayangi situasi politik Inggris-China. Duta Besar China untuk Inggris telah dilarang dari Parlemen selama setahun setelah Beijing memberi sanksi kepada tujuh legislator Inggris tahun lalu, karena berbicara menentang perlakuan China terhadap minoritas Uyghur di wilayah barat jauh Xinjiang.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Warga Inggris antre sampai malam di depan Westminster Hall untuk melayat Ratu

Photo :
  • AP Photo/Nariman El-Mofty

Melansir dari AP, Kantor Ketua House of Commons Lindsay Hoyle menolak berkomentar pada hari Jumat tentang laporan di Politico soal delegasi China yang dilarang mengunjungi peti mati ratu di Westminster Hall di Gedung Parlemen.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan dia belum melihat laporan itu, tetapi mengatakan bahwa sebagai tuan rumah pemakaman ratu, Inggris harus "mengikuti protokol diplomatik dan sopan santun untuk menerima tamu."

Delegasi China diperkirakan akan menghadiri pemakaman ratu pada hari Senin 19 September 2022, di Westminster Abbey daripada di Parlemen. Penyelenggara pemakaman belum menerbitkan daftar tamu dan tidak jelas siapa dari China yang mungkin hadir.

Para legislator Inggris, yang terkena sanksi oleh China, menulis minggu ini kepada para pejabat yang menyatakan keprihatinan bahwa pemerintah China telah diundang ke pemakaman kenegaraan ratu pada hari Senin. Anggota parlemen konservatif Tim Loughton mengatakan kepada BBC bahwa undangan ke China harus dibatalkan, dengan alasan pelanggaran hak asasi manusia dan perlakuan negara itu terhadap Uyghur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya