Isu Biaya Pemakaman Ratu Rp 90 Triliun Dimentahkan dengan Fakta Simpel

Peti jenazah Ratu Elizabeth II saat tiba di Kastil Windsor
Sumber :
  • (Aaron Chown/Pool photo via AP

VIVA Dunia – Mangkatnya Ratu Elizabeth II membuat masyarakat Inggris berkabung. Selain itu, banyak juga desas-desus mengenai biaya pemakaman ratu yang beredar di media sosial yang ditaksir mencapai €6 miliar atau setara dengan Rp 90,065 triliun.

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

Namun benarkah pemakaman ratu mencapai triliunan dalam waktu 10 hari? Berikut faktanya.

Melansir dari Full Fact, Selasa, 20 September 2022, biaya pemakaman ratu tidak mencapai triliunan. Sepanjang pemakaman kerajaan sebelum-sebelumnya, biaya pemakaman hanya mencapai €8 juta atau setara dengan Rp120,084 miliar. Angka tersebut belum dibilang pasti namun perhitungan tersebut menganut pada biaya kira-kira pemakaman kerajaan di masa lalu.

Menko Airlangga Minta Inggris Berkeadilan dalam Penerapan Sertifikasi Berkelanjutan Palm Oil

Peti mati Ratu Elizabeth.

Photo :
  • AP Photo/Emilio Morenatti.

Biaya yang diklaim di media sosial sebanyak Rp90,065 triliun mungkin adalah biaya ekonomi Inggris selama dua hari libur bank untuk pemakaman ratu dan penobatan Raja Charles III yang naik tahta. Biaya tersebut tampak tidak akurat jika menyangkut pemakaman ratu, karena jika benar maka biaya itu ratusan kali lebih besar daripada biaya pemakaman kerajaan lainnya baru-baru ini.

RI Siapkan Gugatan ke Airbus Atas Dugaan Kasus Suap Pembelian Pesawat

Lalu, berapa biaya pemakaman kenegaraan seperti untuk Ratu Elizabeth II sebenarnya?

Pemakaman kenegaraan terakhir di Inggris diadakan untuk Sir Winston Churchill pada 1965. Biasanya pemakaman kenegaraan disediakan untuk raja, tetapi pengecualian dapat dibuat untuk orang terhormat lainnya.

Pemakaman negara dibayar oleh negara yang mencakup berbagai biaya termasuk acara itu sendiri, bersama dengan biaya militer, kepolisian, administrasi, dan biaya lainnya yang terkait.

Pemakaman Sir Winston Churchill yakni pemakaman kenegaraan terakhir di Inggris dilaporkan sekitar €1 juta atau setara dengan Rp15,010 miliar.

Namun pemakaman Ratu kemungkinan akan jauh lebih mahal karena beberapa upacara baru-baru ini menelan biaya beberapa juta pound.

Pemakaman Ratu Elizabeth II

Photo :
  • (AP Photo/Vadim Ghirda, Pool)

Pemakaman Putri Diana pada 1997 dilaporkan menelan biaya €4-5 juta atau Rp60-75 miliar.

Kemudian pada 2002, pemakaman Putri Margaret yakni adik dari Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai €5,4 juta atau Rp81,056 miliar.


Lalu, pemakaman Baroness Thatcher pada 2013 juga hanya menelan biaya sekitar €3,8 juta atau Rp57,039 miliar.

Pada 2021, pemakaman Pangeran Philip yang dibatasi oleh pembatasan COVID-19 pada saat itu dimungkinkan tidak memakan biaya yang terlalu banyak dan lebih rendah dari biaya pemakaman yang dilakukan kerajaan baru-baru ini.

Kemudian untuk biaya lain seperti pernikahan Pangeran dan Putri Wales pada 2011 meraup €8,9 juta atau setara dengan Rp133,593 miliar namun memang pernikahan itu sendiri tidak ditanggung negara. Pada 2018, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle hanya mencapai €3,4 juta atau Rp51,035 miliar.

Ratu Elizabeth II berada di kereta kehormatan

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Jadi, jika disimpulkan maka biaya pemakaman Ratu Elizabeth II tidak masuk akal sebesar yang diklaim oleh orang-orang di media sosial yakni sebanyak Rp90,065 triliun. Namun bisa diprediksi bahwa pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth memang melebihi biaya pemakaman dan acara kenegaraan lainnya bagi tokoh pada masa lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya