RI Siapkan Bantuan Kemanusiaan untuk Myanmar-Afghanistan

Warga menyaksikan kehancuran bangunan di Paktika, Afghanistan usai gempa
Warga menyaksikan kehancuran bangunan di Paktika, Afghanistan usai gempa
Sumber :
  • Bakhtar News Agency via AP

VIVA Dunia – Situasi di Myanmar dan Afghanistan tetap menjadi perhatian dunia. Oelh karena itu masalah tersebut dibahas Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat bertemu dengan Presiden Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross/ICRC) Peter Maurer. Keduanya membahas mengenai bantuan kemanusiaan untuk Myanmar dan Afghanistan.

Pada pertemuan yang diadakan pada Jumat, 23 September 2022 juga merupakan pertemuan perpisahan mengingat Presiden Palang Merah Internasional akan segera mengakhiri masa tugasnya. 

Pengungsi etnis Rohingya dari Rakhine Myanmar melarikan diri ke Bangladesh

Pengungsi etnis Rohingya dari Rakhine Myanmar melarikan diri ke Bangladesh

Photo :
  • VIVA.co.id/SOS ACT Dok

ICRC dan Indonesia banyak melakukan kerja sama termasuk di negara-negara yang sedang dilanda krisis kemanusiaan.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI dan Presiden ICRC melakukan diskusi mengenai kondisi kemanusiaan di beberapa negara seperti Myanmar khususnya Rohingya dan Afghanistan.

“Kondisi masyarakat Rohingya di pengungsian perlu terus mendapatkan perhatian ditengah dunia yang menghadapi banyak krisis. Situasi Myanmar setelah kudeta, menjadi lebih sulit untuk melakukan repatriasi Rohingya ke Myanmar secara sukarela, aman dan bermartabat”, kata Menlu Retno dikutip dari siaran pers Kemeterian Luar Negeri RI, Sabtu, 24 September 2022.

Menlu dan Presiden ICRC sepakat bahwa bantuan kemanusiaan ke Myanmar harus mencapai para pihak yang memerlukan tanpa diskriminasi.

Halaman Selanjutnya
img_title