Rekaman Rasismenya Bocor, Pemimpin Dewan Kota Los Angeles Mundur

Foto Nury Martinez (kanan) , Gil Cedillo (kiri), mereka diprotes karena rasisme
Sumber :
  • AP Photo/Ringo H.W. Chiu

VIVA – Pemimpin Dewan Kota Los Angeles Nury Martinez mengundurkan diri lantaran obrolannya yang direkam secara diam-diam bocor. Pembicaraannya dengan koleganya yang berbau rasisme bocor ke publik dan membuat warga kota Los Angeles, Amerika Serikat (AS) itu protest massal. Martinez, perempuan pemimpin dewan kota itu kemudian mundur sebagaimana dilansir dari BBC.com pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Ngefans Banget Sama Pokemon, Raditya Dika Sampai Diledek Anak

Presiden Joe Biden yang merupakan politikus teras Demokrat satu partai juga dikabarkan sudah menelepon Martinez atas skandal rasisme itu hingga dia kemudian mengundurkan diri setelah menjabat selama 9 tahun.

Warga protes atas rasisme yang dilakukan pemimpin Dewan Kota Los Angeles

Photo :
  • AP Photo/Ringo H.W. Chiu
Anak Mulai Pakai Ponsel Harus Dipantau, Bisa Timbulkan Risiko Negatif Ini Bun!

Rekaman suara Martinez bocor ke media Los Angeles Times yang mana rekaman itu diduga terjadi pada Oktober 2021 lalu. Pembicaraan bocor itu terjadi antara Martinez yang merupakan pemimpin di jabatannya dan anggota Gil Cedillo serta Kevin de Leon. Ada pula Presiden Federasi Pekerja Los Angeles Ron Herrera.

Yang dianggap tak mengeluarkan omongan rasisme hanya Ron Herrera. Sementara Nury Martinez dalam rekaman audio itu menggunakan istilah dalam bahasa Spanyol yang menyebut anak adopsi salah satu anggota dewan kota menyerupai hewan tertentu. Dia mengeluhkan tingkah laku anak usia dua tahun itu saat itu yang dianggapnya mengganggu sebuah acara.

PDIP Buka Pendaftaran Cagub Jakarta 8-20 Mei 2024

"Mereka membesarkannya kayak anak kulit putih. Padahal anak ini perlu dihajar, biar deh saya seret bentar dan saya balikin lagi," kata Martinez.

California Selatan, Los Angeles, AS

Photo :
  • KJRI Los Angeles

Komentar ketiganya juga disebut berbau rasisme terhadap Yahudi dan orang Armenia. Atas hal tersebut dalam beberapa hari terakhir terjadi protes massa warga dari komunitas tersebut di depan gedung dewan kota.

Sementara Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti menilai pengunduran diri Martinez sudah tepat.

"Ini adalah keputusan terbaik meski saya tahu tak akan mudah bagi dia secara pribadi namun tentu ini menjadi yang terbaik bagi kepentingan orang banyak terlebih di kota yang dia cintai ini, kata Garcetti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya