Pasang Badan untuk Taiwan, Militer AS Bersiap Perang Lawan China

VIVA Militer: Kapal perang militer China di Selat Taiwan
Sumber :
  • taiwannews.com.tw

VIVA Dunia – Militer Amerika Serikat (AS) harus bersiap untuk menanggapi invasi potensial ke Taiwan setelah tahun ini, kata seorang laksamana senior pada Rabu, 19 Oktober 2022. Hal itu menandakan kekhawatiran yang meningkat atas niat Beijing terhadap pulau itu.

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Laksamana Michael Gilday, kepala operasi angkatan laut AS, adalah pejabat senior terbaru di Washington yang menyampaikan kekhawatiran bahwa Presiden China, Xi Jinping, mungkin jauh lebih bersedia untuk perang daripada yang diperkirakan sebelumnya untuk merebut Taiwan.

Komentarnya muncul ketika pejabat tinggi keamanan Taiwan memperingatkan setiap upaya untuk menyerang pulau itu akan gagal, dan mengubah China menjadi negara paria internasional.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Presiden Xi Jinping di Kongres Partai Komunis China 16 Oktober tahun 2022

Photo :
  • AP Photo/Mark Schiefelbein

Melansir dari The Sundaily, Jumat, 21 Oktober 2022, Xi saat ini sedang mengamankan masa jabatan lima tahun untuk yang ketiga kalinya di pucuk pimpinan negara berpenduduk terpadat di dunia itu. Saat menyampaikan pidato penting Kongres Partai Komunis, pada Minggu, 16 Oktober 2022, ia menyatakan kembali sumpahnya untuk menyatukan kembali, atau mengambil paksa Taiwan.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Dalam sebuah diskusi dengan sebuah think-tank, Gilday ditanya tentang pidato Xi dan apakah dia setuju dengan komentar laksamana AS lainnya bahwa Beijing akan siap untuk mengambil Taiwan pada tahun 2027. “Bukan hanya apa yang dikatakan Presiden Xi, tetapi bagaimana orang China berperilaku dan apa yang mereka lakukan,” kata Gilday kepada Dewan Atlantik.

“Dan apa yang telah kita lihat selama 20 tahun terakhir adalah bahwa mereka telah memenuhi setiap janji yang telah mereka buat lebih awal dari yang mereka katakan akan mereka tepati.”

"Jadi ketika kita berbicara tentang jendela 2027 dalam pikiran saya, itu pasti jendela 2022 atau berpotensi jendela 2023. Saya tidak bisa mengesampingkan hal itu. Saya sama sekali tidak bermaksud untuk membuat khawatir dengan mengatakan itu. Hanya saja kita tidak bisa berharap itu (invasi) tidak terjadi. ”

Partai Komunis China tidak pernah menguasai Taiwan, tetapi mengklaim pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai miliknya. Taiwan bukan sekutu perjanjian Amerika Serikat, tetapi Kongres terikat oleh hukum untuk menjual senjata pertahanan ke Taipei, dan ada dukungan bipartisan untuk melindungi apa yang telah menjadi demokrasi progresif dan mitra dagang global yang vital.

Beijing telah lama mencari penyatuan kembali secara damai dengan Taiwan dan berhak menggunakan kekuatan jika perlu, terutama jika pulau itu secara resmi menyatakan kemerdekaan. Retorika dan tindakan terhadap Taiwan telah menjadi lebih jelas di bawah pimpinan Xi, dan militer telah meningkatkan pembelian peralatan yang bertujuan untuk melakukan invasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya