Acara TV Hong Kong Ini Dikecam Rasis, Tampilkan Pemain Dengan Wajah yang Sengaja Dihitamkan

TVB Hong Kong yang tampilkan adegan yang dianggap rasis
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Dunia – Salah satu saluran siaran top Hong Kong, TVB, telah menayangkan acara TV dengan karakter berwajah hitam, hanya beberapa bulan setelah dituduh melakukan rasisme karena menempatkan seorang aktor berwajah cokelat.

PSSI Kecam Netizen Indonesia yang Rasis ke Guinea

Blackface dianggap sangat ofensif dan rasis di banyak bagian dunia, terutama di Amerika Utara, tetapi beberapa kontroversi yang menggelapkan kulit telah muncul di dunia hiburan Asia dalam beberapa tahun terakhir.

Melansir New York Post pada Jumat, 28 Oktober 2022, dalam salah satu episode sitkom “Come Home Love: Lo and Behold” yang tayang Senin silam waktu setempat, sebuah adegan memperlihatkan upacara pemakaman yang menirukan penari pengusung jenazah dari Ghana yang menjadi viral di media sosial beberapa tahun lalu.

Hong Kong Catat Rekor Suhu Terpanas dalam 140 Tahun Terakhir

TVB Hong Kong yang tampilkan adegan yang dianggap rasis

Photo :
  • nypost.com

Kecuali sang aktor dalam acara di TVB, wajah mereka semua dicat hitam. Penyiar TVB mengatakan bahwa karakter tersebut "memakai riasan khusus" untuk "plot cerita dramatis" dan bahwa "wajah mereka dikotori oleh gas buang kendaraan".

Uber Cup 2024: Indonesia Gilas Hong Kong 5-0 di Laga Perdana

"Kami tidak pernah bermaksud untuk menunjukkan rasa tidak hormat atau mendiskriminasi (terhadap) siapa pun," kata penyiar tersebut, namun tanpa permintaan maaf.

Itu juga tidak menjelaskan mengapa alur cerita itu terkait dengan pengusung jenazah Ghana yang menari, yang mana adalah orang-orang berkulit hitam, dan mengapa wajah hitam diperlukan untuk menggambarkan lelucon tersebut. Seperti diketahui, pembawa jenazah yang menari di Ghana, kru pembawa acara pemakaman sempat viral pada tahun 2020 di tengah pandemi COVID-19 yang sedang tinggi.

Aksi pengusung jenazah di Ghana.

Photo :
  • All Christian News

Mereka menjadi populer setelah gaungan untuk tetap tinggal di rumah dan sering diedit menjadi cuplikan tindakan tidak aman COVID sebagai peringatan. 

Namun, hal ini bukan yang pertama kali. Pada bulan April silam, TVB menyiarkan serial di mana aktor menggelapkan kulit mereka untuk menggambarkan orang-orang dari Filipina. Hal itu menyebabkan kemarahan, terutama di komunitas besar Filipina di kota itu, dan TVB meminta maaf.

Kemudian juga, tidak ada gelombang kritik secara lokal, dan serial ini mendapat ulasan yang baik tanpa diskusi tentang ras.

TVB Hong Kong yang tampilkan adegan yang dianggap rasis

Photo :
  • nypost.com

Hongkong's Equel Opportunities Commision (EOC) atau Komisi Persamaan Kesempatan Hong Kong mengatakan bahwa “peniruan atau penyamaran tidak dapat, dan tidak boleh, dilakukan dan secara otomatis disamakan dengan sarkasme, ejekan, atau diskriminasi”.

“Karena itu, produser dan artis harus memperhatikan isu-isu sosial yang sensitif agar tidak dianggap tidak bertanggung jawab,” tambah EOC.

Kontroversi serupa telah muncul di negara-negara Asia lainnya. Tahun lalu, seorang bintang pop Malaysia meminta maaf karena menggunakan wanita berkulit gelap dalam video musik yang mempromosikan produk pemutih kulit.

Lembaga penyiaran milik negara Singapura meminta maaf pada tahun 2019 atas iklan yang menampilkan aktor asal Tiongkok dengan kulit yang digelapkan. Dan serial TV lama di Filipina juga menerima kritik karena menggelapkan tiga aktor berkulit terang yang memainkan karakter dari komunitas asli Aeta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya