Koin Baru Inggris dengan Potret Raja Charles Siap Didistribusikan Desember Mendatang

Potret koin Raja Charles III
Sumber :
  • Bloomberg

VIVA Dunia – Perubahan akan datang pada uang recehan di Inggris Raya!

Pernah Diblokir Kominfo Karena Berpotensi Jadi Judi Online, HGI Hapus Fitur Kirim Koin

Melansir People pada Senin, 31 Oktober 2022, koin pertama yang menampilkan wajah Raja Charles III saat ini sedang diproduksi oleh Royal Mint di Wales dan akan mulai didistribusikan ke peredaran pada bulan Desember, secara perlahan menggantikan koin yang saat ini menyertakan wajah mendiang Ratu Elizabeth II. 

Di sisi lain koin adalah penghargaan untuk mendiang Ratu Elizabeth II, desain yang awalnya muncul di Mahkota Penobatannya tahun 1953. Ini termasuk empat perempat dari Royal Arms digambarkan dalam perisai, di antaranya setiap perisai ada lambang negara-negara Inggris: mawar, thistle, shamrock, dan daun bawang.

Top Trending : Pengalaman Tinggal Dekat Landasan Udara hingga Anak Kiai Sering Open BO Waria

Berita produksi uang koin ini diumumkan oleh Royal Mint pada hari Jumat pekan lalu. 

Potret koin Raja Charles III

Photo :
  • Bloomberg
Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

"Koin pertama yang memuat potret Yang Mulia Raja Charles III sangat mencolok saat kita berbicara, dan Anda dapat mengharapkan untuk melihat 50 ps menampilkan desain Memorial Ratu Elizabeth II di sisi belakang koin dalam perubahan sebelum Natal," tulis Royal Mint dalam keterangan video koin yang tengah diproduksi.

"Hari ini adalah peristiwa penting dan bersejarah karena kami mengubah koin ratu itu untuk pertama kalinya dalam 70 tahun. Hari ini, kami menemukan koin pertama dengan potret Raja Charles III," kata Rebecca Morgan dari Royal Mint dalam video yang dibagikan di media sosial. 

Royal Mint mengatakan akan ada 9,6 juta koin yang beredar sebagai penghormatan kepada Ratu Elizabeth, yang meninggal pada usia 96 pada 8 September.

Tapi sementara Ratu Elizabeth menghadap ke kanan, Raja Charles akan menghadap ke arah yang berlawanan pada uang itu.

Potret koin Raja Charles III

Photo :
  • Bloomberg

"Dia (Raja Charles) dalam hal ini melihat ke kiri, ibunya melihat ke kanan. Setiap raja akan melihat ke arah yang berlawanan dengan pendahulu mereka," desainer Martin Jennings menjelaskan tentang tradisi yang berasal dari tahun 1660-an.

Bulan lalu, Royal Mint meluncurkan koleksi koin Charles, yang juga merupakan penghormatan kepada ibunya. 

Raja Charles secara pribadi telah menyetujui koleksi koin, kata The Royal Mint. "Ini adalah karya "terkecil" yang pernah saya buat, tetapi sangat memalukan mengetahui bahwa itu akan dilihat dan dipegang oleh orang-orang di seluruh dunia selama berabad-abad yang akan datang," kata Jennings, menambahkan bahwa patung itu dibuat dengan desain foto Charles, menurut Associated Press.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Charles.

Photo :
  • Instagram @clarencehouse

Royal Mint telah menciptakan koin untuk negara Inggris selama lebih dari 1.100 tahun, termasuk koin yang telah beredar selama 70 tahun pemerintahan Ratu Elizabeth.

Koin bergambar Ratu Elizabeth dan Raja Charles keduanya akan beredar dalam perubahan selama bertahun-tahun yang akan datang, kata Royal Mint.

"Ketika pertama kali kami membuat koin, itulah satu-satunya cara agar orang tahu seperti siapa sebenarnya raja, bukan di masa media sosial seperti sekarang," kata Anne Jessopp, kepala eksekutif Royal Mint, menurut AP. "Jadi potret Raja Charles akan ada di setiap koin saat kita bergerak maju."

Satu set koin peringatan juga dirilis pada 3 Oktober silam, "namun bukan untuk publik melainkan untuk menandai momen mengharukan dalam sejarah Inggris ini." ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya