Terlibat Spionase, Warga Belgia Dihukum Cambuk di Iran dan 12,5 Tahun Penjara

Iran
Sumber :
  • cnn.com

VIVA Dunia – Iran menghukum seorang pekerja asal Belgia dengan hukuman penjara dan 74 cambukan, setelah divonis melakukan spionase dalam persidangan tertutup. Hal itu dilaporkan oleh media pemerintah Iran, pada Selasa, 10 Januari 2023.

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Situs web peradilan Iran mengatakan Pengadilan Revolusi menghukum Olivier Vandecasteele yang berusia 41 tahun dengan hukuman masing-masing selama 12,5 tahun penjara karena spionase, 12,5 tahun itu karena dia bekerja sama dengan pemerintah yang bermusuhan, dan 12,5 tahun karena pencucian uang.

Melansir dari AP, Rabu, 11 Januari 2023, dia juga didenda sebesar US$1 juta atau setara dengan Rp15,5 miliar dan dihukum 2,5 tahun karena penyelundupan mata uang.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Di bawah hukum Iran, Vandecasteele akan memenuhi syarat untuk dibebaskan setelah 12,5 tahun kurungan penjara. Situs web peradilan mengatakan putusan itu dapat diajukan banding.

Ilustrasi dicambuk.

Photo :
  • U-Report
Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Iran juga sebelumnya telah menahan sejumlah orang asing dan berkewarganegaraan ganda selama bertahun-tahun, dan menuduh mereka melakukan spionase atau pelanggaran keamanan negara lainnya dan menghukum mereka setelah pengadilan rahasia di mana kelompok hak asasi mengatakan mereka ditolak proses hukumnya.

Sementara itu, para kitikus menuduh Iran menggunakan tahanan seperti itu sebagai alat tawar-menawar dengan Barat. Namun, hal itu menjadi sesuatu yang dibantah oleh pejabat Iran.  

Keyakinan Vandecasteele muncul setelah seorang diplomat Iran di Belgia menerima hukuman penjara 20 tahun pada tahun 2021 karena mendalangi serangan bom yang digagalkan terhadap kelompok oposisi Iran di pengasingan di Prancis.

Sejauh ini, Iran belum merilis rincian apapun tentang tuduhan terhadap Vandecasteele. Tidak jelas apakah itu terkait dengan protes anti-pemerintah yang telah mengguncang Iran selama berbulan-bulan atau perang bayangan yang berlangsung lama dengan Israel dan AS yang ditandai dengan serangan rahasia terhadap program nuklir Iran yang disengketakan.

Keluarga Vandecasteele mengatakan bulan lalu bahwa dia telah ditahan di penjara Iran selama berbulan-bulan dan melakukan mogok makan. Mereka mengatakan dia kehilangan akses ke pengacara pilihannya dan menderita masalah kesehatan yang serius.

Belgia juga telah mendesak warga negaranya untuk meninggalkan Iran, dan memperingatkan bahwa mereka berisiko mengalami penangkapan sewenang-wenang atau pengadilan yang tidak adil di negara itu.

"Iran tidak memberikan informasi resmi mengenai dakwaan terhadap Olivier Vandecasteele atau persidangannya," kata Menteri Luar Negeri Belgia Hadja Lahbib dalam sebuah pernyataan.  

"Kami akan memanggil duta besar Iran hari ini, mengingat informasi yang beredar di pers," tambahnya.

"Belgia terus mengutuk penahanan sewenang-wenang ini dan melakukan segala kemungkinan untuk mengakhiri dan memperbaiki kondisi penahanannya," ujarnya

Protes anti-pemerintah, yang berlangsung selama hampir empat bulan tanpa tanda berakhir, merupakan salah satu tantangan terbesar bagi Republik Islam itu sejak revolusi 1979 yang membawanya ke tampuk kekuasaan.

Setidaknya 520 pengunjuk rasa telah tewas dan lebih dari 19.300 orang telah ditangkap, menurut Aktivis Hak Asasi Manusia di Iran, sebuah kelompok yang memantau kerusuhan.  

Sementara itu, otoritas Iran belum memberikan angka resmi tentang kematian atau penangkapan di negaranya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya