47 Orang Tewas dalam Demonstrasi Berdarah di Peru, Polisi Dibakar Hidup-hidup

Pemakaman korban tewas kericuhan di Juliaca, Peru, Rabu, 11 Januari 2023
Sumber :
  • AP Photo/Hugo Curotto

VIVA Dunia – Protes terhadap pemerintahan Presiden Peru Dina Boluarte sejauh ini telah menewaskan 47 orang. Protes yang dimulai sejak bulan lalu juga menyebar ke selatan negara Andes pada Rabu, 11 Januari 2023 dengan bentrokan baru dilaporkan di kota wisata Cusco.

Milat Tewas Ditikam Lawan saat Duel Maut di Temanggung, Disaksikan Istri

Pejabat kesehatan di wilayah setempat mengatakan 16 warga sipil dan enam petugas polisi terluka setelah pengunjuk rasa mencoba mengambil alih bandara kota, di mana banyak turis asing datang untuk melihat benteng Inca Machu Picchu di dekatnya.

Protes dan blokade jalan terhadap Boluarte dan untuk mendukung Presiden terguling Pedro Castillo juga terlihat di 41 provinsi lainnya, terutama di selatan Peru.

Percakapan Terakhir Mahasiswa STIP dan Senior Sebelum Dianiaya

Kerusuhan bermula pada awal Desember setelah kemelaratan dan penangkapan Castillo, presiden pertama Peru yang berasal dari pedesaan yang sederhana.

Polisi di Peru mengadang demonstran pendukung mantan Presiden Pedro Castillo

Photo :
  • AP Photo/Hugo Curotto
Korban Banjir di Brasil Selatan Bertambah Jadi 29, 60 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Protes yang terjadi, terutama di daerah pedesaan yang masih setia kepada Castillo, menuntut pemilihan segera dan pengunduran diri Boluarte, serta pembebasan Castillo, dan keadilan bagi para pengunjuk rasa yang tewas dalam bentrokan dengan polisi.

Selain itu, beberapa kekerasan protes terburuk terjadi pada hari Senin, 9 Januari 2023, ketika 17 orang tewas dalam bentrokan dengan polisi di kota Juliaca dekat Danau Titicaca. Setelah itu, pengunjuk rasa menyerang dan membakar seorang petugas polisi hingga tewas.

Secara total, Kantor Ombudsman Peru mengatakan bahwa 39 warga sipil tewas dalam bentrokan dengan polisi dan tujuh lainnya tewas dalam kecelakaan lalu lintas terkait blokade jalan, termasuk petugas polisi yang tewas.

Melansir dari AP, Kamis, 12 Januari 2023, pemerintah Peru telah mengumumkan jam malam tiga hari mulai pukul 20.00 sampai pukul 04.00 di Puno.

Kantor Kejaksaan Nasional mengatakan telah meminta informasi dari Kepresidenan Dewan Menteri dan kementerian pertahanan dan dalam negeri untuk penyelidikan terhadap Boluarte dan pejabat lainnya atas kematian protes tersebut.

Di Juliaca, di provinsi Puno, massa berbaris di samping peti mati dari 17 orang yang tewas dalam protes yang terjadi pada hari Senin.

"Dina membunuhku dengan peluru," kata secarik kertas yang ditempelkan di peti mati Eberth Mamani Arqui, yang mengacu pada presiden Peru saat ini.

“Demokrasi ini bukan lagi demokrasi,” teriak kerabat korban.

Polisi bentrok dengan demonstran di Peru buntut penggulingan mantan Presiden

Photo :
  • AP Photo/Fredy Salcedo

Saat mereka melewati sebuah kantor polisi, yang dijaga oleh puluhan petugas, para pengunjuk rasa berteriak, “Pembunuh!”.

Sementara itu, delegasi dari Inter-American Commission on Human Rights memulai kunjungan ke Peru untuk melihat protes dan tanggapan polisi.

Sebagai informasi, Boluarte adalah mantan wakil presiden Castillo sebelum mengambil alih kursi kepresidenan.

Dia mengatakan dia mendukung rencana untuk mendorong pemilihan presiden dan kongres hingga tahun 2024 yang semula dijadwalkan pada tahun 2026.

Dia juga menyatakan dukungan untuk penyelidikan yudisial tentang apakah pasukan keamanan bertindak dengan kekuatan yang berlebihan.

Namun langkah seperti itu gagal memadamkan kerusuhan, yang setelah jeda singkat sekitar liburan Natal dan Tahun Baru telah dilanjutkan dengan paksa di beberapa daerah termiskin di Peru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya