10 Juni 1967

Perang Enam Hari Berakhir

Pasukan Israel dalam kampanye Perang Enam Hari
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 43 tahun yang lalu, Perang Enam Hari di Timur Tengah berakhir. Pasukan Israel mengatasi kepungan militer negara-negara Arab sekaligus memperluas wilayah pendudukan.

Laman The History Channel mengungkapkan bahwa perang itu berawal saat Israel baku tembak dengan kekuatan militer gabungan Mesir dan Suriah di perbatasan. Di sebelah timur, Yordania ikut menggempur Israel sehingga pasukan Negara Zionis itu kalah jumlah.

Namun, berkat bantuan dari Amerika Serikat (AS) dan kedisiplinan pasukannya, Israel mampu meladeni kepungan tiga negara itu. Bahkan, Israel memperluas wilayahnya hingga tiga kali lipat. Kota tua Yerusalem juga berhasil direbut Israel dari Yordania.

Perang pun berakhir saat Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyerukan gencatan senjata. Sedangkan negara-negara Arab, kendati terpaksa menerima seruan gencatan senjata dari PBB, bertekad tidak mengakui dan tidak bernegosiasi dengan Israel. Kontroversi yang dihasilkan dari Perang Enam Hari itu hingga kini masih berlanjut.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024