Jepang Kirim 237 Generator ke Ukraina Pascaserangan Rusia

Pembangkit listrik Ukraina.
Sumber :
  • AP Photo/Aurel Obreja.

VIVA Dunia – Jepang, pada Senin 23 Januari 2023, mengatakan telah mengirim 237 lagi generator ke Ukraina, yang sedang mengalami masalah parah pasokan listrik  lantaran "sebagian besar fasilitas infrastruktur energi hancur akibat serangan Rusia."

Alat-alat pembangkit listrik itu "dikirim ke Ukraina sejak 14 Januari ... (dan) akan diserahkan ke perusahaan-perusahaan pemasok listrik, gas dan air ... dan akan dimanfaatkan untuk mengamankan sektor energi," demikian dinyatakan Kementerian Luar Negeri Jepang.

Jepang sebelumnya mengirim 25 generator pada awal Desember, sehingga secara keseluruhan bantuan tersebut berjumlah 262 generator, menurut pernyataan itu.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

VIVA Militer: Situasi di kota Kiev, Ukraina, gelap akibat pemadaman listrik.

Photo :
  • tass.com

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Bantuan tersebut merupakan bagian dari "dukungan Jepang untuk melindungi nyawa rakyat Ukraina yang kini menghadapi musim dingin," kata Kemenlu.
Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah


Pernyataan itu menyebutkan, "Jepang akan terus memberikan bantuan dan mendukung rakyat Ukraina yang menghadapi kesulitan, lewat kerja sama dengan komunitas internasional seperti anggota G7." (Ant/Antara)
Bandara Kansai Jepang

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Sejak dibuka pada bulan September 1994, Bandara Kansai di Jepang telah menjadi pusat kebanggaan dengan reputasi tanpa adanya kehilangan bagasi selama 30 tahun.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024